(Pilkada Ciamis) Di Hari Tenang, Panwaslu: Jangan Ada Kampanye Terselubung

20/09/2013 0 Comments
(Pilkada Ciamis) Di Hari Tenang, Panwaslu: Jangan Ada Kampanye Terselubung

Foto Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ketua Panwaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan

Ketua Panwaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Ciamis mengaku sudah mengedarkan surat kepada Partai Politik (Parpol), mulai tingkat kabupaten hingga kecamatan, terkait menghadapi tahapan masa tenang Pilkada Ciamis.

Ketua Panwaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan, Selasa (17/9), di ruang kerjanya, mengatakan,  isi surat edaran tersebut mengenai pencegahan dan warning (peringatan) agar tidak terjadi pelanggaran.

Tidak hanya itu, kata Uce, dalam surat edaran tersebut juga disinggung soal penertiban atribut atau alat peraga pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup), saat masa tenang.

”Kalau sampai terjadi, ada penemuan atau indikasi kampanye terselubung di hari tenang, maka kami dari Panwaslu akan mengambil tindakan sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Uce menuturkan, pencegahan yang dilakukan Panwaslu sebatas bentuk peringatan. Hal itu juga sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran. Panwaslu juga sudah membentuk tim lapangan, untuk memantau suasana malam menjelang hari H.

Uce mengaku, menghadapi masa tenang ini dan penertiban alat peraga, Panwaslu Ciamis menjalin kerjasama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) Ciamis, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Cipta Karya, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Kepolisian Resor (Polres) Ciamis.

Terkait pelanggaran selama masa kampanye, Uce mengaku akan membuat rekap terlebih dahulu sampai hari Rabu (18/9) atau sampai akhir masa kampanye. Sejauh ini, Panwaslu mengaku sudah menemukan modus-modus pelanggaran. Seperti halnya melakukan kampanye di mesjid, melibatkan kepala desa, dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Akan tetapi itu sebatas menghadiri kampanye. Panwaslu juga sudah sempat memanggilnya,” katanya.

Untuk penertiban alat peraga, imbuh Uce, rencananya akan diawali dari wilayah perkotaan Ciamis. Selama masa tenang, Panwaslu bersama tim akan bekerja secara maksimal, mengantisipasi terjadinya pelanggaran. (DSW/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply