(Pilkada Ciamis) HMI: Persaingan Ketat, Rawan Money Politik!

20/09/2013 0 Comments
(Pilkada Ciamis) HMI: Persaingan Ketat, Rawan Money Politik!

Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis, saat menggelar aksi damai di halaman kantor Pemkab Ciamis, Kamis (19/9). Foto: Dian Sholeh Wardiana/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ketua HMI Cabang Ciamis, Hilman Al-Hakim

Ketua HMI Cabang Ciamis, Hilman Al-Hakim

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis menggelar aksi damai di depan kantor Panwaslu, KPUD, dan Pemkab Ciamis, Kamis (19/09).

Ketua HMI Cabang Ciamis, Hilman Al-Hakim, yang juga Korlap dalam aksi damai tersebut mengatakan, aksi tersebut merupakan spontanitas untuk menyerukan agar Pilkada Bupati Ciamis berjalan fair, sukses dan kondusif.

“Karenanya, kami menyerukan agar Pilkada Ciamis berjalan fair dan tidak dicederai dengan adanya money politik atau politik uang. Makanya kami mendesak Panwaslu agar proaktif untuk mencegah kemungkinan terjadinya hal tersebut,” tegasnya.

Menurut Hilman, dengan persaingan begitu ketat antar kandidat di Pilkada Ciamis, kemungkinan terjadinya main curang dengan melakukan politik uang begitu besar. Karenanya, butuh pengawasan bersama dari seluruh element masyarakat untuk mengawasi jalannya pesta demokrasi rakyat Ciamis yang akan berlangsung pada 22 September mendatang.

“Ketika persaingan ketat, maka rentan terjadinya politik uang. Karena untuk sprint suara dalam mendongkrak dukungan rakyat di detik-detik terakhir ini tidak ada cara lain hanya dengan politik uang. Apalagi hasil survey kami bahwa sebagian besar masyarakat Ciamis pragmatis dalam menyikapi konteks politik. Dan sebagian besar diantara mereka belum bisa disebut sebagai pemilih cerdas,” ungkapnya.

Hilman menambahkan, selain akan mencederai demokrasi, praktek politik uang pun akan membawa dampak negatif terhadap masyarakat. “Terlebih, akan berdampak negatif pula terhadap bupati-wakil Ciamis terpilih nanti, karena akan berpikir untuk bisa mengembalikan uang tersebut ketika dia menjabat nanti, “ ungkapnya.

Selain itu, kata Hilman, HMI juga menghimbau agar membudayakan semangat politik bersih, transparan, jujur dan berpihak untuk rakyat.” Kita juga meminta tidak ada intervensi dari PNS dan Pemkab Ciamis untuk mengarahkan dukungan kepada salah satu calon. Kami minta seluruh lembaga pemerintahan harus netral dan independent dalam Pilkada Ciamis ini,” kata. Hilman

Sementara itu, Ketua Panwaslu Ciamis, Uce kurniawan, menyatakan sepakat dengan seruan yang digulirkan HMI Ciamis dengan menolak politik uang di Pilkada Ciamis. Pihaknya, sambung Uce,  meminta kepada seluruh masyarakat agar segera malaporkan ke Panwaslu apabila menemukan kecurangan tersebut.

”Kami juga tidak bisa bekerja sendiri, tentunya butuh bantuan dari masyarakat untuk menciptakan Pilkada Ciamis berjalan fair, sukses dan kondusif,” pungkasnya. (DSW/R2/HR-Online)

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply