Pj. Bupati Minta Hadirkan Pakar untuk Menetapkan Hari Jadi Kab. Pangandaran

14/09/2013 0 Comments
Pj. Bupati Minta Hadirkan Pakar untuk Menetapkan Hari Jadi Kab. Pangandaran

Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi

Parigi, (harapanrakyat.com),-

Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi, tampaknya melunak setelah mendapat protes keras dari Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran menyusul rencana Pemkab yang akan menetapkan Hari Jadi Kabupaten Pangandaran pada tanggal 22 April.

Namun, meski Endjang saat ini sudah melunak, tetapi dia tidak lantas membatalkan rencana Pemkab Pangandaran yang sudah mewacanakan bahwa penetapan Hari Jadi Kabupaten Pangandaran pada tanggal 22 April.

Malah, Endjang meminta Presidium dan sejumlah element masyarakat di Pangandaran untuk bermusyawarah dengan Pemkab dalam menentukan tanggal yang ideal untuk Hari Jadi Kabupaten Pangandaran.

“Tinggal kita musyawarahkan dengan seluruh tokoh dan perwakilan masyarakat. Kemudian kita hadirkan pakar sejarah dan budayawan untuk diminta pendapatnya,” ujar Endjang, kepada HR, ketika diminta konfirmasi terkait pernyataan Presidium yang memprotes rencana Pemkab yang akan menetapkan Hari Jadi Kabupaten Pangandaran pada tanggal 22 April, Jum’at (13/9).

Endjang juga membantah dirinya secara pribadi memiliki kepentingan apalagi ada maksud politis tertentu dalam menetapkan tanggal Hari Jadi Kabupaten Pangandaran. “Saya sebagai Pj. Bupati hanya menampung masukan dari seluruh element masyarakat, termasuk dari Presidium terkait penetapan tanggal Hari Jadi Kabupaten Pangandaran,” kata Endjang.

Endjang juga menegaskan, agar penetepan tanggal Hari Jadi Kabupaten Pangandaran bisa diterima oleh seluruh element masyarakat, maka cara yang ideal harus menghadirkan pakar sejarah, budayawan, dan ahli tatanegara sekaligus juga melibatkan para pelaku sejarah.

“Saya minta mari duduk bersama dan cari solusi terbaik untuk Kabupaten Pangandaran. Saya juga tidak mau gegabah dalam menetapkan tanggal Hari Jadi Kabupaten, karena harus menampung aspirasi dari seluruh masyarakat,” tandasnya.

Sebeleumnya, Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran tampaknya berang, menyusul rencana kontroversi Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi, yang akan menetapkan Hari Jadi Kabupaten Pangandaran pada tanggal 22 April sesuai dengan momentum pelantikan Penjabat Bupati.

Hal itu pun mendapat reaksi keras, hingga sejumlah tokoh Presidium menggelar pertemuan untuk menyikapi rencana kontroversi tersebut. Sementara sebelumnya, Presidium sudah menetapkan bahwa Hari Jadi Kabupaten Pangandaran ditetapkan pada tanggal 25 Oktober, sesuai dengan momentum penetapan UU Pembentukan Kabupaten Pangandaran. (Syam/R2/HR-Online) (Baca juga; klik tautan ini; Presidium Berang, Pj. Bupati Pangandaran Dianggap Tidak Tahu Sejarah)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!