PKL di Jalur Wisata Pangandaran Akan Direlokasi ke Bulak Laut

12/09/2013 0 Comments
PKL di Jalur Wisata Pangandaran Akan Direlokasi ke Bulak Laut

Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi, saat meninjau tempat relokasi PKL di daerah Bulak Laut Pangandaran, Kamis (5/9). Foto: Madlani/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pemkab Pangandaran berencana akan merelokasi sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sepanjang jalan pantai barat Pangandaran. Rencananya, PKL tersebut akan dipindahkan ke daerah Bulak Laut Desa Pananjung, tepatnya depan hotel Parahiangan di kawasan Boulevard.

Sosialisasi rencana relokasi PKL tersebut, langsung dipimpin oleh Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi, Kamis (5/9) pekan lalu. Menurut Endjang, rencana penataan PKL di lokasi wisata Pantai Barat Pangandaran, ternyata disambut baik oleh pedagang dan tokoh setempat.

“Gagasan merelokasi PKL di lokasi wisata ini, sebagai upaya agar terbebas dari kemacetan dan wisatawan agar lebih nyaman, karena mereka langsung bisa melihat pantai tanpa terhalang oleh PKL,” kata Endjang, kepada HR, saat memantau lokasi relokasi PKL.

Menurut Endjang, apabila kawasan pantai Pangandaran di tata dengan baik, tentunya akan membuat nyaman wisatawan yang berkunjung ke pantai Pangandaran. “ Ya kalau kumuh dan tidak terawat, wisatawan bakal kapok datang ke sini. Kalau mereka kapok, lantas siapa yang rugi? Salah satunya pasti pedagang sendiri jualannya akan sepi,” ujarnya.

Endjang mengatakan, penataan dan relokasi PKL ini ditargetkan bisa rampung sebelum liburan Natal dan Tahun Baru. “ Kita ingin pada lonjakan wisatawan di saat liburan tahun baru, kondisi pantai sudah nyaman. Kita ingin menciptakan Pangandaran ada perbedaan setelah terbentuk pemerintahan baru di sini, “ ujarnya.

Menurut Endjang, di tempat relokasi baru, nanti PKL akan dibangunkan kios bangunan bilik dengan ukuran  4 meter x 3,5 meter dan tidak memakai dinding. Hal itu agar tercipta estetika yang menarik dan kios PKL tidak menghalangi pemandangan pantai.

“Kita juga akan menyiapkan lampu taman ukuran 250 watt sebanyak 8 titik. Sementara untuk lampu sorot pantai sebanyak 3 titik dengan voltase 1500 watt,” ujarnya. (Mad/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!