UPI & Pemkab Pangandaran Wacanakan Perguruan Tinggi Berbasis Parawisata

01/09/2013 0 Comments
UPI & Pemkab Pangandaran Wacanakan Perguruan Tinggi Berbasis Parawisata

Rektor UPI Bandung, Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd, dan Pj. Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi, saat acara MoU kerjasama di bidang pendidikan, di Aula Hotel Sandaan Pangandaran, Sabtu, (30/8). Foto: Syamsul Maarif/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka mempercepat pertumbuhan pembangunan di berbagai sektor di DOB Kabupaten Pangandaran, maka perlu terobosan yang visioner di awal pemerintahan yang sedang berjalan, diantaranya mendorong kemajuan di bidang pendidikan.

Hal itu dikatakan Pj. Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi, saat acara MOU tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Pelatihan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Jasa Keprofesian Pendidikan, yang digagas Pemkab Pangandaran dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, di Aula Hotel Sandaan Pangandaran, Sabtu, (30/8).

“Tugas kita tentunya tidak hanya berpikir soal pembenahan birokrasi semata dalam menata Pangandaran ke depan, tetapi di bidang pendidikan pun harus kita dorong, agar ke depan di Pangandaran banyak tercipta SDM yang mumpuni. Karena kemajuan suatu daerah harus ditunjung dari SDM masyarakatnya yang berkualitas,” kata Endjang.

Endjang menambahkan, tidak menutup kemungkinan antara Pemkab Pangandaran dengan UPI ke depan membangun sebuah kerjasama yang lebih ril. Kerjasama tersebut, yakni memberikan beasiswa kepada putra daerah terbaik di Kabupaten Pangandaran. Selain itu, akan digagas pula mendirikan lembaga pendidikan setingkat perguruan tinggi berbasis pariwisata.

Sementara itu, Rektor UPI Bandung, Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd, mengatakan, dia menyakini bahwa Pangandaran ke depan akan menjadi sebuah kabupaten yang berkembang dan maju di berbagai sektor, karena jika dilihat dari potensi alam dan parawisata, sangat menunjang.

“Negara Thailand maju, karena SDM di sektor pertaniannya dibimbing oleh kalangan perguruan tinggi dengan cara memproduktifkan KUD sebagai embrio untuk mendampingi pertanian. Juga Singapura pun sama mengembangkan di bidang jasanya. Nah, Pangandaran juga harus berani berangkat cepat melakukan hal yang sama,” kata Sunaryo.

Sunaryo menambahkan, pihaknya siap membantu Pemkab Pangandaran dalam  menyusun Renstra pengembangan SDM, seperti program pendidikan, pariwisata dan perbankan

“Karena kita pun memiliki pengalaman kerjasama dengan Kabupaten Bangka dalam program peningkatan kualitas guru dalam pembelajaran lesson studi dan perbaikan mengajar. Alhamdulilah program tersebut berhasil dan sekarang dampaknya terasa dengan meningkatnya IPM di daerah tersebut, “ ujarnya.

Selain Bangka, lanjut Sunaryo, pihaknya pun sudah melakukan kerjasama serupa dengan Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat. (Syam/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!