Waduh! Warga Parunglesang Banjar Terpaksa MCK di Sungai Citanduy

Waduh! Warga Parunglesang Banjar Terpaksa MCK di Sungai Citanduy

Foto Ilustrasi/Foto: Dokumentasi HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Di musim kemarau seperti saat ini, sebagian warga di RT 01/10, Lingkungan Parunglesang, Kel/Kec. Banjar, terpaksa harus memenuhi kebutuhan mandi, cuci, kakus (MCK) ke Sungai Citanduy.

Meski di lingkungan tersebut sudah dibangun MCK umum sejak 2 tahun silam, namun hingga saat ini fasilitas tersebut belum dapat digunakan secara optimal oleh warga sekitar, lantaran masih terkendala masalah air bersih.

“Kami juga sudah berupaya membuat sumur resapan. Tapi, untuk bisa sampai sumur ini mengeluarkan air harus digali dengan kedalaman sekitar 15 meteran. Sekarang baru digali 2 meteran. Mau dilanjutkan terkendala biaya. Makanya kami berharap pemerintah bisa membantunya,” kata Totong, salah seorang warga, kepada HR, Minggu (15/9).

Harapan serupa juga diungkapkan Dadi, warga lainnya. Dia mengatakan, bantuan yang diharapkan warga dari pemerintah, selain untuk penggalian sumur, juga adanya bantuan berupa pompa air manual, bukan pompa air listrik.

“Kalau pompa listrik tentu nantinya warga harus mikir lagi buat bayar listriknya. Jadi supaya tidak menjadi beban, makanya mending pakai pompa air manual saja,” harap Dadi.

Dia menambahkan, sejak dibangun fasilitas MCK umum di lingkungannya, warga berharap sarana tersebut dapat benar-benar terasa manfaatnya, terlebih pada musim kamarau, dimana air bersih sulit didapat. “Tapi karena terkendala sumber air, makanya jarang digunakan,” kata Dadi. (Eva/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles