Bangun Pabrik Semen di Padaherang, Butuh Sekitar 2500 Pekerja

20/10/2013 2 Comments
Bangun Pabrik Semen di Padaherang, Butuh Sekitar 2500 Pekerja

Jajaran PT Cham One Indonesia saat memaparkan rencana pembangunan pabrik Semen di Desa Karangsari Kecamatan Padaherang, di Aula kantor Kecamatan Padaherang, Kamis (17/10) pekan lalu. Foto: Madlani/HR

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Pimpinan Proyek PT Cham One Indonesia, Yudianto, menjelaskan, untuk membangun pabrik semen di atas lahan 100 hektar di Desa Karangsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, membutuhkan dana sekitar Rp. 6 triliun untuk pekerjaan proyek selama 3 tahun. Sementara untuk tenaga kerja diperkirakan membutuhkan sekitar 2500 orang dari mulai awal pembangunan pabrik hingga selesai.

“Sedangkan untuk tenaga kerja ahli membutuhakan sekitar 300 orang yang dibantu oleh beberapa asisten dengan kebutuhan sekitar 600-700 orang pekerja. Sebelum pabrik ini berjalan saja, kita sudah bisa menyerap ribuan tenaga kerja,” ujarnya, kepada HR, usai menggelar pertemuan dengan warga Karangsari, di Aula Kantor Kecamatan Padaherang, pekan lalu.

Yudianto menambahkan, apabila pabrik semen tersebut sudah berjalan, pihaknya akan membuka lowongan pekerjaan dengan kebutuhan sekitar 3000 pekerja. “3000 pekerja ini untuk kebutuhan selama 3 tahun pabrik ini berjalan. Apabila sudah lebih dari 3 tahun, dipastikan kita akan terus menambahkan karyawan yang disesuikan dengan kebutuhan, “ terangnya.

Menurut Yudianto, dalam perekrutan karyawan, pihaknya akan mengutamakan pelamar dari warga sekitar. Namun, dengan catatan si pelamar harus berpendidikan minimal setingkat SMA atau Paket C. “ Ijazah paket C pun kita akan terima. Karena paket C saat ini sudah diakui oleh pemerintah,” imbuhnya.

Selain menyerap tenaga kerja, lanjut Yudianto, pihaknya pun akan ikut berpartisipasi dalam membantu pembangunan desa setempat, seperti memberikan bantuan untuk peningkatan bidang pendidikan, kesehatan, sarana ibadah, sarana air bersih dan pembangunan jalan yang ada di lingkungan sekitar perusahaan.

Ditempat yang sama, Camat Padaherang, Drs Irwansyah M.Si, berharap dengan adanya pertemuan antara warga dengan pihak perusahaan, selain unuk mempererat tali silaturahmi, juga untuk menjawab sejumlah spekulasi yang muncul terkait adanya rencana pendirian pabrik semen di Desa Karangsari.

“Posisi kita hanya memfasilitasi pertemuan warga dengan pihak perusahaan saja. Untuk kesepakatan lebih lanjut, kita tunggu saja keputusan dari warga seperti apa. Hanya, adanya minat dari investor ini tentunya sebagai peluang untuk memajukan daerah Padaherang,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kab. Ciamis, asal Kecamatan Padaherang, Erma Bastaman, mengatakan, dirinya sebagai wakil rakyat dari wilayah Padaherang harus mengetahui rencana sekecil apapun terkait urusan kepentingan rakyat.

“Saya sebagai Anggota DPRD ikut memfasilitasi pertemuan antara masyarakat dengan pihak perusahaan. Alhamdulilah, ternyata masyarakat menyambut baik dengan adanya rencana pembangunan pabrik semen oleh Group PT Cham One Indonesia ini,” ujarnya, kepada HR, usai pertemuan.

Menurut Erma, apabila rencana pabrik semen ini terwujud, tentunya akan berdampak positif terhadap geliat perekonomian warga sekitar. Disamping itu, akan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Kecamatan Padaherang, khususnya.

“Kita sengaja mempertemukan seluruh perwakilan masyarakat untuk berbicara langsung dengan pihak perusahaan. Hal itu untuk menghindari kecurigaan dan untuk menciptakan saling menghargai,” ujarnya. (Mad/R2/HR-Online)

About author

Related articles

2 Comments

  1. Urang Sopla October 23, at 21:45

    Kami warga karangmulya siap "BERJIHAD" , untuk menolak pencemaran lingkungan dengan CARA APAPUN!

    Reply
  2. Warga Ds Kedungwuluh Kec Padaherang February 14, at 21:29

    beberapa desa di kecamatan padaherang memiliki potensi wisata yang bagus. Alangkah baiknya kita mengembangkan potensi tersebut dari pada merusaknya dengan cara mengeruk bahan baku untuk dijadikan semen....

    Reply

Leave a Reply