Di Musim Kemarau, Udang Rebon Melimpah di Pangandaran

03/10/2013 0 Comments
Di Musim Kemarau, Udang Rebon Melimpah di Pangandaran

Sejumlah nelayan Pangandaran tampak tengah menjaring tangkapan ikan. Pada panen kali ini, tangkapan udang rebon sangat melimpah dan menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Musim kemarau tampaknya membawa berkah tersendiri bagi nelayan di Pantai Pangandaran. Pasalnya, hasil tangkap ikan mereka berlimpah hingga empat kali lipat, terutama tangkapan udang rebon yang mengalami peningkatan cukup signifikan. Tangkapan udang rebon bisanya akan melimpah apabila di saat musim kemarau.

Dari pantauan HR, sudah satu pekan terakhir panen ikan di Pantai Pangandaran terus berlangsung. Tampak sejumlah nelayan berebut ikan hasil tangkapnya di pinggir pantai. Bahkan, panen ikan kali ini tampaknya menjadi pemandangan tersendiri bagi para wisatawan yang tengah berwisata di Pantai Pangandaran.

Menurut Sukiman nelayan setempat, musim kemarau kali ini adalah waktunya panen ikan udang rebon. Hasil tangkap udang rebon untuk musim kemarau tahun ini meningkat hingga empat kali lipat dari hari biasanya. “Alhamdulilah, kita bisa memperoleh udang rebon hingga 2 sampai 4 ton perharinya atau naik empat kali lipat dari hari-hari biasa. Kalau di hari biasa paling kita bisa tangkap sekitar 7 kwintal atau setara 700 kilogram perharinya,” ujar Sukiman, kepada HR, Rabu (2/10).

Hasil tangkap ikan yang berlimpah ruah ini, setidaknya bisa mendongkrak perekonomian para nelayan terutama untuk para pengrajin udang rebon. Saat ini,  nelayan Pangandaran bisa menyuplai udang rebon untuk memenuhi permintaan dari berbagai daerah.

“Dengan hasil tangkapan yang meningkat ini, kita hingga bisa menyuplai permintaan Udang Rebon ke luar kota, seperti ke Kediri dan Surabaya. Mudah-mudahan hasil tangkapan yang melimpah ini bisa bertahan hingga selesai musim kemarau, “ pungkasnya. (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!