Dianggap Kerap Berbuat Onar, Polres Ciamis Amankan 9 Preman

23/10/2013 0 Comments
Dianggap Kerap Berbuat Onar, Polres Ciamis Amankan 9 Preman

Anggota Polres Ciamis saat melakukan pendataan terhadap sembilan preman yang terjaring dalam operasi yang digelar di beberapa titik keramaian di Ciamis Kota, Selasa (22/10). Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jajaran Polres Ciamis berhasil menjaring sembilan orang preman, diantaranya sejumlah pengamen dan anak punk yang keberadaannya dianggap kerap mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat di sekitar wilayah hukum Ciamis, Selasa (22/10).

Saat ditangkap, 9 preman tersebut langsung digiring ke Mapolres Ciamis untuk dilakukan pendataan. Setalah itu, bukannya mereka dipulangkan, tetapi malah diberangkatkan ke Markas Komando Kodam (Makodam) III Siliwangi Bandung untuk dilatih bela negara. Hal itu dimaksudkan agar mereka nantinya bisa kembali menjalani kehidupan normal setelah mendapat pembinaan.

Kabag Ops Polres Ciamis, Kompol Sutisna, mengatakan, operasi yang bekerjasama dengan instansi terkait itu merupakan program kemanusiaan sebagai bentuk pembinaan agar mereka yang terjaring bisa kembali menjalankan kehidupan normal.

“Nanti di Markas Kodam III Siliwangi mereka akan diberi pelatihan keterampilan, sehingga setelah selesai dibina diharapkan memiliki keahlian yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupannya,” terangnya.

Selain itu, Sutisna menambahkan, keberadaan mereka pun selama ini kerap mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat.”9 orang ini kami amankan dari berbagai tempat keramaian, seperti terminal, pasar dan beberapa titik keramaian lainnya,”tambahnya.

Sementara itu,  Herman (41), seorang pengamen di Terminal Ciamis yang juga massih warga Ciamis, mengaku tidak menyangka polisi akan menangkapnya. Padahal, dirinya tidak pernah sekalipun membuat keonaran, apalagi melakukan perbuatan melawan hukum. ”Tapi gimana lagi, saya pasrah saja kalau harus mengikuti pelatihan keterampilan di Makodam Bandung,” pungkasnya. (Her/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!