Dibangun Bioskop dan Mall, Gedung Kenanga Banjar Akan Dihidupkan Kembali

22/10/2013 2 Comments
Dibangun Bioskop dan Mall, Gedung Kenanga Banjar Akan Dihidupkan Kembali

Gedung eks Bioskop Kenanga Banjar tampak kumuh dan tidak terawat. PD Jawi Jabar berencana akan kembali membangun kembali gedung tua ini yang nantinya akan dibuat pusat perbelanjaan dan bioskop. Foto: Dokumentasi HR

Bandung, (harapanrakyat.com),-

Direktur Utama PD Jawi (Jasa dan Keparawisataan) Jawa Barat, Ade Dikdik Isnandar, mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah merancang program untuk menghidupkan kembali sejumlah gedung bioskop di Jawa Barat yang belakangan bangunannya sudah lama tidak terawat. Salah satu bioskop yang akan dihidupkan, yakni Bioskop Kenanga di Kota Banjar.

“Sekarang sudah ada pihak investor yang akan kerjasama dengan PD Jawi untuk menghidupkan kembali Bioskop Kenanga. Di lahan gedung itu, nantinya akan dibangun dua lantai. Lantai bawah dibuat tempat perbelanjaan. Sementara di lantai dua akan dibangun empat studio bioskop,” kata Ade, di Bandung, pekan lalu.

Selain dibuat pusat perbelanjaan, lanjut Ade, di lantai satu pun akan dibangun tempat kuliner, juga akan menampung produksi makanan dan souvenir asli buatan Banjar. Di lantai satu pun akan dilengkapi juga dengan outlet pakaian dan lainnya. “Di lantai satu konsepnya akan dibuat semacam Mall. Hal itu dimaksudkan untuk memacing pengunjung Mall agar singgah menonton ke bioskop,” ungkapnya.

Menurut Ade, saat ini rencana pembangunan kembali gedung Bioskop Kenanga tengah dalam proses pengurusan izin. Diharapkan, pelaksanaan pembangunannya bisa cepat berjalan.

“Kita mencoba membantu menghidupkan keramaian di Kota Banjar. Karena Banjar memiliki potensi besar apabila dikembangkan. Selain itu, kita juga ingin membantu menggerakan sektor ekonomi kecil dan menengah di daerah tersebut,” terangnya.

Ade pun mengaku gambar serta desain Gedung Bioskop dan Mall Kenanga sudah selesai dibuat. ” Tinggal izinnya saja masih dalam proses. Mudah-mudahan program ini bisa terlaksana,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, mengaku prihatin menyusul daerah di Jabar tidak seluruhnya memiliki gedung bioskop. “Karenanya, saya mendorong agar seluruh daerah untuk kembali memiliki gedung kesenian dan juga bioskop,” kata Deddy, di Bandung, pekan lalu.

Menurut Deddy, pembangunan gedung kesenian dan bioskop termasuk salah satu program Pemprov Jabar, di masa kepemimpinannya bersama Gubernur Ahmad Heryawan.

Dihubungi terpisah, Ketua Kadin Kota Banjar, H. Sony Suprayogi, ST, menyatakan mendukung adanya minat investasi yang digalang PT Jawi menggandeng investor untuk menghidupkan kembali Bioskop Kenanga.

“Selain itu, daerah Kenanga juga sudah terkenal dari dulu sebagai pusat hiburan di Banjar. Jadi sangat tepat apabila gedung tua itu dihidupkan kembali. Disamping itu, diharapkan akan menyerap tenaga kerja bagi orang Banjar,” terangnya, Senin (21/10).

Soni juga mengatakan, Kota Banjar yang dulu terkenal sebagai kota yang tak pernah tidur, diharapkan dengan dibangunnya bioskop dan hiburan lainnya, akan mengembalikan ciri Banjar menjadi kota teramai di ujung selatan Jawa Barat.

Seperti diketahui, setelah sekitar 15 tahun Bioskop Kenanga tidak beroperasi, membuat gedung tua tersebut kini tampak kumuh dan tidak terawat. Di era kejayaannya, Bioskop Kenanga selalu ramai dikunjungi warga dari daerah Banjar dan sekitarnya. Bahkan, tidak sedikit pula warga Cilacap Jateng dan Pangandaran sengaja berkunjung untuk menonton film di bioskop yang menjadi icon Kota Banjar kala itu.

Ketika Bioskop Kenanga dan Bioskop Saudara gulung tikar, hingga saat ini belum kembali muncul bioskop baru di Kota Banjar. Malah, eks bangunan Bioskop Saudara, kini sudah berubah menjadi pusat perbelanjaan. PD Jawi Jabar sebagai Perusahaan Daerah Pemprov Jabar, memang sebagai pengelola dua bangunan eks bioskop di Kota Banjar tersebut.

Makanya, ketika bangunan Bioskop Kenanga selama puluhan tahun terlantar, Pemkot Banjar pun tidak bisa berbuat banyak. Karena tanah dan bangunan bioskop tersebut merupakan aset Pemprov Jabar. (Bgj/SBH/R2/HR-Online)

About author

Related articles

2 Comments

  1. soleh November 09, at 20:57

    Buat Ade dikdik isnandar PD Jawi harusnya dalam melakukan bisnis sebaiknya melihat kondisi daerah, anda ditugaskan oleh wagub untuk mengembalikan fungsi majestic bandung kembali menjadi bioskop, bukan gedung kenanga yang sudah hancur. jangan mengalihkan isu.

    Reply
    • abdul November 20, at 23:04

      pd jawi tu banyak koruptornya.klo perusahaan peribadi mah dah bangkrut tu.

      Reply

Leave a Reply