Diduga Penyebab Keracunan Massal di Banjar dari Soto

Diduga Penyebab Keracunan Massal di Banjar dari Soto

Korban keracunan massal yang juga warga Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, saat mendapat pertolongan medis di Puskesmas setempat, Sabtu (5/10) malam. Foto: Deni Supendi/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Penyebab keracunan massal yang membuat belasan warga Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, dilarikan ke Puskesmas Langensari, Sabtu (5/10) malam, diduga setelah mereka menyantap makanan soto yang dihidangkan di sebuah acara resepsi pernikahan warga setempat.

Meski hasil tes belum resmi keluar, Kepala Puskesmas Langensari, drg. Robyanto menduga, kandungan yang terdapat dalam makanan yang dikonsumsi warga mengandung zat berbahaya. Dari informasi yang diterimanya, sebagian pasien menyantap soto yang disediakan dalam pesta.

“Bisa jadi, bihun atau daging ayam yang digunakan dalam soto mengandung formalin dalam kadar tinggi,” ujarnya, kepada HR, Sabtu (5/10) malam.

Menurut drg. Robyanto, saat ini pasien yang masih harus mendapat perawatan intensif di Puskesmas sebanyak empat orang, dua anak-anak dan dua orang dewasa (ibu-ibu).

“Sebagian pasien sudah bisa pulang, karena kondisinya sudah membaik. Sedangkan empat lainnya harus mendapat perawatan serius,” katanya.

Namun demikian, Roby menandaskan, pihaknya akan memberikan keringanan, dengan tidak membebani biaya perawatan kepada para pasien keracunan. Dia juga berharap, semua pasien keracunan bisa segera sembuh.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Banjar, AKP. Kosasih, mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Kami masih menunggu hasilnya. Sampel makanan itu sudah kita kirim ke Bandung untuk diperiksa kandungan yang terdapat di dalamnya,” ungkap Kosasih ketika ditemui HR, di Puskemas Langensari, Sabtu (5/10). (Deni/R4/HR-Online) (Baca juga; Pulang dari Hajatan, Puluhan Warga Langensari Banjar Keracunan)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles