Disnak Ciamis Masih Temukan Cacing Hati di Sapi Kurban

17/10/2013 0 Comments
Disnak Ciamis Masih Temukan Cacing Hati di Sapi Kurban

Foto Ilustrasi Kurban. Foto: Istimewa/Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tim Kesehatan Hewan Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Ciamis masih menemukan cacing hati (Pachiola Hevatica)  di beberapa hewan kurban sapi di wilayah Kabupaten Ciamis. Temuan itu didapat dari hasil pemantauan dan pemeriksaan yang dilakukan  selama dua hari, Selasa- Rabu (15-16/10).

Kasi Kesehatan Hewan Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Ciamis, Reti Nugrahawaty, kepada HR, Rabu (16/10), mengatakan, pihaknya sudah mengamankan cacing hati  yang ditemukan saat pemeriksaan hewan kurban di Polres Ciamis dan Kejaksaan Negeri Ciamis, Selasa (15/10). Sementara temuan kembali didapat di Yayasan Pendidikan Kegiatan Islam Ciamis, Rabu (16/10).

“Meskipun terdapat cacing hati, akan tetapi dagingnya aman dan layak dikonsumsi. Masyarakat jangan khawatir , saya pribadi juga mengkonsumsi. Yang penting, kami sudah amankan hati sapinya,” ucapnya.

Menurut Reti, dari hasil pemeriksaan, kemungkinan sapi yang mengandung penyakit cacing hati tersebut berasal dari luar Ciamis. “Karena umumnya sapi dari Kabupaten Ciamis sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan rutin,” terangnya.

Reti mengatakan, datangya sapi dari luar Ciamis biasanya masuk dua minggu sebelum Hari H Idul Adha. “Karena ketersedianan sapi kurban untuk Ciamis juga kurang, makanya sapi luar masuk,” pungkasnya. (DK/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply