Distan Banjar Intensifkan Pemeriksaan Hewan Qurban

10/10/2013 0 Comments
Distan Banjar Intensifkan Pemeriksaan Hewan Qurban

Tim pemeriksa kesehatan hewan qurban dari Dinas Pertanian (Distan) Kota Banjar, tengah mengecek kesehatan sapi di salah satu supplier yang ada di Kota Banjar. Foto diambil Selasa (8/10). Foto: Eva Lativah/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Guna memastikan kesehatan hewan qurban, Bidang Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian (Distan) Kota Banjar, membentuk tim khusus untuk melakukan pengecekan kelayakan serta pemeriksaan kesehatan di sejumlah titik penyedia hewan qurban yang ada di Kota Banjar.

Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan Distan Kota Banjar, Ir. Ngadimin, mengatakan, pengecekan dan pemeriksaan tersebut akan dilaksanakan sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Adha 1434 H, yakni dari tanggal 7-16 Oktober 2013.

“Hari ini (Senin/7/10-Red) kita mulai memverifikasi titik-titik yang akan didatangi untuk dicek kesehatannya, dan ini yang sudah biasa kita datangi, jumlahnya sekitar 16 lokasi, tersebar di empat kecamatan. Disamping ada pengembangan baru. Tapi itu untuk hewan qurban sapi saja. Karena kalau domba dan kambing itu bisa dibeli langsung oleh masyarakat dari tempat penggemukan setempat. Sedangkan sapi banyak yang didatangkan dari luar daerah,” kata Ngadimin, Senin (7/10).

Memang setiap hewan ada surat keterangan, manakala lewat pulau aspek karantinanya jelas. Surat keterangan individu, antar provinsi dicek. Sampai Banjar akan dilakukan pemeriksaan.

Berbagai pengecekan tersebut untuk menjaga kesehatan hewan. “Ada pengawasan berlapis, sampai di sini kita periksa ulang. Nanti setelah itu, lapak jual hewan qurban akan ada tim sebagai penyapu pemeriksaan hewan. Kita dibagi tiga tim,” ujarnya.

Lebih lanjut Ngadimin mengatakan, memang hewan qurban yang masuk ke Kota Banjar sampai saat ini belum ditemukan adanya sapi sakit. Tetapi, pihaknya tetap akan melakukan pemeriksaan, baik sebelum disembelih maupun sesudah disembelih, karena ada penyakit yang tidak tampak dari luar.

Selain itu, pihaknya juga tetap akan melakukan pengecekan kesehatan terhadap hewan qurban jenis kambing, maupun domba di setiap lokasi penggemukan. Di Kota Banjar sendiri, sentra penggemukan hewan ternak kambing dan domba ada di wilayah Desa Balokang.

Ngadimin menambahkan, titik-titik supplier/penyedia kebutuhan hewan sapi qurban yang sudah biasa didatangi diantaranya, wilayah Kec. Banjar meliputi Pintu Singa, Cibeureum, Warungbuah, Balokang, Karangtengah, Banjarkolot, Pamongkoran, dan Sukarame.

Wilayah Kec. Purwaharja meliputi Blok Roda, dan di Randegan terdiri dua titik. Untuk wilayah Kec. Pataruman berada di daerah Pangadegan dan di Doboku empat titik. Sedangkan di Kec. Langensari berada di daerah Kelurahan Muktisari dan di wilayah Desa Langensari. (Eva/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!