DPRD Banjar Sambut Baik Rencana Bioskop Kenanga Dihidupkan Kembali

30/10/2013 0 Comments
DPRD Banjar Sambut Baik Rencana Bioskop Kenanga Dihidupkan Kembali

Gedung Bioskop Kenanga yang kini dibiarkan lapuk dan mati, sebentar lagi akan dilakuan pembangunan ulang menjadi Bioskop Kenanga Mall. Romantisme dunia per filman dan pusat hiburan akan kembali di jalan R. Hamara Effendi. Foto: Dok HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ketua DPRD Kota Banjar, Drs. Dadang R Kalyubi Msi., menyambut baik munculnya rencana dari PD Jawi ( Jasa dan Keparawisataan) Jawa Barat yang akan membangun kembali gedung eks Bioskop Kenanga menjadi pusat perbelanjaan yang dilengkapi 4 studio bioskop. Menurutnya, saat ini kota Banjar sudah menjadi daerah perkotaan. Jadi, jika ada pihak BUMD dan investor akan berinvestasi di kota Banjar, sangat menyambut baik.

“Tujuan utamanya agar perputaran uang di kota Banjar semakin naik, jadi warga Banjar tidak harus menonton sekelas Cineplex atau sekedar hiburan harus pergi keluar kota,” ucapnya kepada HR, pekan lalu.

Sepuluh tahun kota Banjar, tambah Dadang, dari segi infrastruktur kota sudah sangat baik, jadi sangat wajar bila investor semakin berminat berinvestasi. Selain itu, kota Banjar sejak dulu telah dikenal sebagai kota transit, jasa dan perdagangan.

“Itu konsep jitu yang memadukan bioskop dengan pusat perbelanjaan dan kuliner asli daerah. Sebab, produk daerah dapat terakomodir, dan menjadi rujukan bagi pelancong bila ingin berbelanja produk khas kota Banjar di tempat yang representative dan menghibur,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Direktur Utama PD Jawi (Jasa dan Keparawisataan) Jawa Barat, Ade Dikdik Isnandar, mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah merancang program untuk menghidupkan kembali sejumlah gedung bioskop di Jawa Barat yang belakangan bangunannya sudah lama tidak terawat. Salah satu bioskop yang akan dihidupkan, yakni Bioskop Kenanga di Kota Banjar.

“Sekarang sudah ada pihak investor yang akan kerjasama dengan PD Jawi untuk menghidupkan kembali Bioskop Kenanga. Di lahan gedung itu, nantinya akan dibangun dua lantai. Lantai bawah dibuat tempat perbelanjaan. Sementara di lantai dua akan dibangun empat studio bioskop,” kata Ade, di Bandung, pekan lalu.

Selain dibuat pusat perbelanjaan, lanjut Ade, di lantai satu pun akan dibangun tempat kuliner, juga akan menampung produksi makanan dan souvenir asli buatan Banjar. Di lantai satu pun akan dilengkapi juga dengan outlet pakaian dan lainnya. “Di lantai satu konsepnya akan dibuat semacam Mall. Hal itu dimaksudkan untuk memacing pengunjung Mall agar singgah menonton ke bioskop,” ungkapnya.

Menurut Ade, saat ini rencana pembangunan kembali gedung Bioskop Kenanga tengah dalam proses pengurusan izin. Diharapkan, pelaksanaan pembangunannya bisa cepat berjalan.

“Kita mencoba membantu menghidupkan keramaian di Kota Banjar. Karena Banjar memiliki potensi besar apabila dikembangkan. Selain itu, kita juga ingin membantu menggerakan sektor ekonomi kecil dan menengah di daerah tersebut,” terangnya.

Ade pun mengaku gambar serta desain Gedung Bioskop dan Mall Kenanga sudah selesai dibuat.”Tinggal izinnya saja masih dalam proses. Mudah-mudahan program ini bisa terlaksana,” harapnya. (SBH/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply