Iing, “Pertama Kita Duduk, Langsung Benahi Birokrasi Ciamis,”

04/10/2013 0 Comments
Iing, “Pertama Kita Duduk, Langsung Benahi Birokrasi Ciamis,”

Bupati-Wakil Bupati Ciamis Terpilih, Iing Syam Arifin- Jeje Wiradinata. Foto: Dok HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah dinyatakan unggul dalam perolehan suara Pilkada Ciamis pada rapat pleno terbuka KPUD Kabupaten Ciamis, yang digelar di Gedung IC Ciamis, Minggu (29/9) lalu, pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin- Jeje Wiradinata (SAJIWA), sudah dapat dipastikan akan memimpin Ciamis lima tahun ke depan.

Sejumlah program tampaknya sudah tersusun dan pasangan SAJIWA menjanjikan akan melakukan perubahan untuk Kabupaten Ciamis yang lebih baik. Dalam perbincangan dengan Wartawan HR, Bupati Ciamis terpilih, Iing Syam Arifin, menyampaikan sejumlah agenda kerja yang akan dilakukan ketika pasangan ini sudah dilantik menjadi Bupati-Wakil Bupati Ciamis periode 2014-2018.

Menurut Iing, setelah dirinya bersama Jeje Wiradinata dilantik pada 6 April 2014 mendatang, langkah pertama yang akan dilakukan yakni melakukan konsolidasi internal di birokrasi Pemkab Ciamis. Karena, setelah berpisahnya wilayah Pangandaran, tentunya banyak hal yang harus dibenahi kembali.

Iing menjelaskan, penataan birokrasi di internal Pemkab Ciamis merupakan agenda utama yang akan dilakukan. Hal itu tentunya untuk mewujudkan pemerintahan yang berkualitas.  “Pertama kita duduk, langsung benahi struktur birokrasi. Salah satu diantaranya, melakukan perombakan personil dengan mengisi oleh orang-orang profesional di bidangnya,“ ungkapnya, kepada HR, saat ditemui di rumahnya, Selasa (1/10).

Menurut Iing, dirinya pun akan membagi tugas dengan Wakil Bupati dalam menjalankan program dan agenda kerja yang diakuinya dari saat ini sudah tersusun. “ Tugas Wakil Bupati itu sangat banyak sekali, seperti harus bertanggungjawab dalam program pengentasan kemiskinan. Dan dalam aturan pun tugas itu merupakan tanggungjawab Wakil Bupati, karena dia sebagai Ketua Tim-nya,” ungkapnya

Iing melanjutkan, jangkauan tugas Wakil Bupati sangat luas, apabila peranan yang menjadi tugas pokoknya difungsikan dengan baik. Sebab, menyangkut program penaggulangan berbagai masalah sosial, baik kesehatan, kemiskinan, penganguran, pengembangan daya beli mayarakat, di bawah koordinasi Wakil Bupati.

“Apabila peran dan tufoksi Bupati dan Wakil Bupati keduanya berjalan dan bersinergi dengan baik, tentunya akan lebih mempercepat tercapainya target pembangunan. Insyaallah, saya akan selalu bersama-sama dengan Pak Jeje, dalam mewujudkan seluruh visi dan misi yang sudah kami ucapkan dalam kampanye SAJIWA,” terangnya.

Untuk tugas Bupati, kata Iing, selain melakukan pembinaan dan menyerap aspirasi masyarakat, dirinya pun akan melakukan pengawasan secara langsung terhadap kinerja yang dilakukan oleh seluruh perangkat atau personil di Pemkab Ciamis.

“Pengawasan terhadap kinerja birokrasi akan saya pantau langsung, terutama soal pelayanan masyarakat.  Kita ingin ada perubahan yang berarti dalam memimpin Ciamis lima tahun ke depan,” ungkapnya.

Dalam program penuntasan infrastuktur, terang Iing, akan membuat program selama 3 tahun dari awal kepemimpinannya dalam menuntaskan persoalan tersebut. Sebab, dalam menangani masalah infrastruktur di Ciamis cukup berat. Namun, dalam waktu 3 tahun tersebut, pihaknya akan berusaha agar fasilitas infrastruktur yang saat ini banyak mengalami kerusakaan terutama infrastruktur jalan, bisa tuntas.

“Program infrastuktur yang paling prioritas yakni penuntasan jalan menuju kecamatan dengan program penghotmixan. Yang selanjutnya program penghotmixan tersebut bisa diteruskan untuk jalan poros pedesaan dan juga menuju lahan pertanian,” terangnya.

Untuk masalah kesehatan, kata Iing, pihaknya ingin mewujudkan Puskesmas di daerah bisa difungsikan dengan adanya layanan fasilitas rawat inap, sehingga masyarakat yang berobat tidak langsung ke rumah sakit yang jaraknya cukup jauh.

“Puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang akan kita optimalkan. Disamping perbaikan fasilitas, kita juga akan mengupayakan penambahan dokter Puskesmas berikut perbaikan dan penambahan alat-alat kesehatan sebagai penunjang,” jelasnya.

“Rumah Sakit di Ciamis saat ini sudah over kapasitas. Maka solusinya, tak lain dengan mengembangkan Puskesmas di daerah untuk bisa menjadi Rumah Sakit tipe C yang menyediakan fasilitas rawat inap. Kita juga akan mengupayakan agar berobat di Puskemas nantinya digratiskan,” ujarnya menambahkan.

Dalam peningkatan pendidikan, ungkap Iing, pihaknya akan meningkatkan infrastruktur bangunan sekolah di Kabupaten Ciamis. Dirinya berharap, selama lima tahun ke depan, sudah tidak ada lagi bangunan sekolah yang dianggap tidak layak huni. “Apabila fasilitas pendidikan sudah layak, tentunya akan berdampak terhadap peningkatan mutu pendidikan di Ciamis,” imbuhnya.

Selain tiga hal pokok tersebut, Iing juga mengaku memiliki konsep dalam peningakatan daya beli masyarakat.“Tentunya dalam upaya peningkatan daya beli masyarakat di Ciamis perlu adaya peningkatan di sektor pertanian, perikanan peternakan, perkebunan yang menjadi andalan mayoritas masyarakat Ciamis,” ungkapnya.

Diakhir perbincangan, Iing pun meminta dukungan seluruh element masyarakat di Ciamis agar seluruh program yang sudah dirancang oleh SAJIWA bisa berjalan dengan baik. “ Karena tanpa dorongan dari seluruh masyarakat Ciamis, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Kuncinya kebersamaan dalam membangun Ciamis. Insyallah Ciamis akan lebih baik dan maju dari saat ini, “ pungkasnya. (Eli Suherli/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!