Kacian! Untuk MCK, Warga Imbanagara Ciamis Bendung Air Sungai

Kacian! Untuk MCK, Warga Imbanagara Ciamis Bendung Air Sungai

Sejumlah anak-anak tampak tengah membantu membendung Sungai Cipalih yang digunakan warga Dusun Ciwahangan, Desa Imbanegara, Kecamatan Ciamis, untuk kebutuhan MCK. Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Malang menimpa warga Dusun Ciwahangan, Desa Imbanegara, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Akibat kemarau panjang yang sudah berlangsung selama 3 bulan terakhir ini, mengakibatkan warga di daerah tersebut mengalami krisis air bersih. Akibatnya, mereka terpaksa membendung Sungai Cipalih untuk mendapatkan air guna memenuhi kebutuhan MCK (Mandi, Cuci, Kakus).

Dari pantauan HR di lokasi, tidak sedikit warga di daerah tersebut yang mengalami krisis air bersih. Pasalnya, sebagain besar sumur yang terdapat di rumah warga setempat mengalami kekeringan. Adapun warga yang menggunakan air PDAM, sudah selama sebulan ini sudah jarang mengalir.

Dede Jojo, warga setempat, mengatakan, warga di daerahnya tidak ada pilihan lain selain menggunakan air sungai untuk memenuhi kebutuhan MCK, meskipun mereka tahu tidak baik untuk kesehatan. “Kami terpaksa menggunakan air sungai, karena sumur yang satu-satunya sebagai sumber air bersih warga di sini, sudah kering,” tegasnya, kepada HR, Sabtu (5/10).

Dede menjelaskan, cara yang digunakan warga untuk membendung Sungai Cipalih sangat sederhana dan dengan alat seadanya. Untuk membendung air, hanya dengan menggunakan batu ditumpuk-tumpuk.

“Yang penting bisa membentuk kubangan air agar kami bisa dengan mudah mendapatkan air. Cara ini sangat sederhana, mengingat tidak ada biaya untuk membuat yang lebih bagus,” tambahnya.

Dede juga berharap dengan kondisi warga yang mengalami krisis air bersih, pihak pemerintah bisa membantu dengan menerjunkan tangki air. ” Karena kalau terus-terusan menggunakan air sungai untuk MCK, tentunya tidak baik untuk kesehatan warga,” pungkasnya. (Her/R2/HR- Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles