Mesjid Al Furqon di Baregbeg Ciamis Terbakar

11/10/2013 0 Comments
Mesjid Al Furqon di Baregbeg Ciamis Terbakar

Kepala Desa Baregbeg, Ade Iwan,  memperlihatkan enternit Mesjid Al Furqon yang bobol akibat dilalap si jago merah, beberapa saat usai kejadian. Foto: Dicky Heryanto Adjid/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Mesjid Jami Al Furqon di Dusun Ciwahangan RT 03/RW 09, Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jum’at (11/10), sekitar pukul 15.00 WIB, terbakar. Kebakaran ini diduga dari konsleting arus pendek. Namun beruntung, kebakaran tidak sampai menghanguskan seluruh bangunan mesjid, menyusul dua unit mobil pemadam kebakaran sigap dan berhasil menggagalkan kebakaran meluas.

Dari informasi yang dihimpun HR, asap dan api mulai mengepul di atas atap mesjid sekitar pukul 15.00 WIB atau sekitar 20 menit setelah adzan Ashar. Ketika api makin membesar, warga pun berdatangan dan mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Kejadian itu pun langsung dilaporkan ke aparat desa setempat. Dan kemudian aparat desa menghubungi pemadam kebakaran.

“Untung dua unit mobil pemadam kebakaran cepat turun dan api berhasil dipadamkan, meski sebagian atap mesjid terlalap api,” ujar Kepala Desa Barebeg, Ade Iwan, saat ditemui di lokasi kejadian, Jum’at (11/10).

Meski api berhasil dipadamkan, namun aksi si jago merah berhasil melalap sebagian atap mesjid yang sempat dipakai warga sekitar beribadah sholat Jum’at dan shalat Ashar tersebut. “Cukup parah juga sebagian enternit mesjid ambrol karena terbakar. Dan siku-siku atap juga gosong termakan api. Kerugian ditaksir mencapai Rp. 30 juta,” ungkap Ade.

Ditemui terpisah, Kapolsek Ciamis, Kompol Mujiran, SH, mengatakan, kebakaran tersebut murni akibat hubungan arus pendek alias konsleting. “Tim identifikasi dari Polres Ciamis juga ikut diterjunkan. Hasilnya, murni konsleting listrik,” ucapnya.

Saat kejadian kebakaran, lanjut Mujiran, pihaknya pun menerjunkan sejumlah anggota kepolisian dari Satlantas untuk membantu mengamankan arus kendaraan, mengingat lokasi kejadian berada di Jalan Kawali –Cirebon yang arus kendaraannya padat.

“Selain itu, saat kejadian banyak warga yang berkumpul dan melihat kejadian kebakaran di tepian jalan. Hal itu sempat membuat kemacetan di ruas jalan tersebut. Makanya, kita turunkan anggota Satlantas untuk mengatur arus lalu lintas, “ pungkasnya. (DK/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!