Napi Bertambah, Polres Bantu Pengamanan di Lapas Banjar

Napi Bertambah, Polres Bantu Pengamanan di Lapas Banjar

Kapolresta Banjar, AKBP Asep Saepudin, SIK dan Kalapas Kelas III Banjar, Dadang Sudrajat, M.Si, saat menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait kerjasama dalam penanganan gangguan keamanan dan ketertiban di areal Lapas Kelas III Banjar, di Aula Lapas Kelas III Banjar, Kamis (10/10). Foto: Pepep Riswanto Akbar/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Banjar menjalin kerjasama dengan Kepolisian Resort (Polres) Kota Banjar dalam penanganan gangguan keamanan dan ketertiban di areal Lapas yang berada di Bukit Gunung Putri Pataruman tersebut.

Kerjasama itu dituangkan dalam penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara kedua lembaga tersebut, yang digelar di Aula Lapas Kelas III Banjar, Kamis (10/10). Pada acara itu, dihadiri oleh Kapolresta Banjar, Kalapas Kelas III Banjar, Dandim 0613 Ciamis, Wakil Danyon 323 Rider Banjar, jajaran kapolsek se- Kota Banjar, Kasatpol PP dan sejumlah tamu undangan.

Usai penandatanganan MoU, Kalapas Kelas III Banjar, Dadang Sudrajat, M.Si, mengatakan, kerjasama ini dilakukan guna memperkuat pengamanan di areal Lapas Banjar. Setelah kerjasama ini berjalan, nantinya pengamanan di dalam maupun di areal Lapas Banjar dibantu oleh anggota kepolisian.

“Seiring warga binaan atau Narapidana (Napi) terus bertambah di Lapas Banjar, tentunya kita butuh pengamanan tambahan dari pihak kepolisan. Untuk saat ini warga binaan di Lapas Banjar sudah mencapai 128 orang dari kapasitas sel penjara untuk 400 orang warga binaan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kapolresta Banjar, AKBP Asep Saepudin, SIK, mengatakan, pihaknya siap membantu bila ada gangguan keamanan di Lapas Kelas III Banjar. Pihaknya, akan menerjunkan anggotanya untuk membantu pengamanan dan pembinaan di dalam maupun di sekitar areal Lapas.

“Bantuan yang kami berikan, yakni ikut memberikan pembinaan kepada Napi, menanggulangi kekerasan di dalam Lapas, menanggulangi keributan antar Napi dan mencegah masuknya peredaran narkoba di dalam Lapas,” terangnya, kepada HR, Kamis (10/10).

Menurut Kapolres, menyusul gangguan keamanan yang terjadi di beberapa Lapas di Indonesia, seperti kasus pengrusakan dan pembakaran Lapas di Medan, tentunya setiap Lapas perlu mendapat bantuan pengamanan dari kepolisian.

“Makanya, kita menyambut baik kerjasama ini dan kita siap untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di dalam maupun di sekitar areal Lapas Banjar. Intinya, kita ingin menciptakan Kota Banjar kondusif,” pungkas Kapolres. (PRA/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles