Peringati HPS, Gubernur Jabar Beri Penghargaan Sejumlah Poktan

18/10/2013 0 Comments
Peringati HPS, Gubernur Jabar Beri Penghargaan Sejumlah Poktan

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan tengah menilai lomba makanan olahan non terigu dan beras, setelah menyerahkan penghargaan kepada sejumlah kelompok tani, di pelataran parkir Gedung Sate Bandung, Kamis (17/10). Foto: Subakti Hamara/HR

Bandung, (harapanrakyat.com),-

Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2013 tingkat provinsi, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menyerahkan berbagai penghargaan kepada sejumlah kelompok tani (poktan) se-Jabar, yang berhasil dalam mewujudkan Ketahanan Pangan.

Acara penyerahan dilaksanakan dalam upacara HPS 2013 di halaman kantor Gubernur, Gedung Sate, Bandung (17/10).

Dengan Motto “Optimalisasi sumber daya lokal menuju kemandirian pangan”, Pemprov Jabar berharap setiap pemerintah daerah kab/kota untuk dapat meningkatkan potensi lokal dalam hal ketahanan pangan. Dalam sambutannya, Ahmad Heryawan, meminta kepada seluruh poktan yang hadir agar mampu meningkatkan swasembada protein hewani, melalui pengembangan potensi lokal.

Kerawanan pangan, lanjut Heryawan, diakibatkan pula atas keterbatasan lahan produksi pertanian, yang berkompetisi dengan pemanfaatan lahan untuk pembangunan. Untuk itu, Heryawan mengeluarkan peraturan gubernur yang mengatur tata ruang, agar lahan produksi pangan lokal tidak tergerus oleh pemanfaatan yang dapat melemahkan kemandirian pangan masyarakat.

Setelah upacara peringatan dan penyerahan penghargaan, Heryawan, menyempatkan melihat lomba penyajian makanan olahan pangan lokal non beras. Peserta lomba makanan olahan ternyata diikuti oleh Top Chef hotel-hotel berbintang di kota kembang. Heryawan dan Wakil Gubernur, Dedy Mizwar pun didaulat sebagai juri istimewa dalam acara tersebut.

Selain perlombaan makanan olahan, Gubernur dan wakil Gubernur mengunjungi stand-stand pangan lokal ciri khas daerah. (SBH/R1/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply