Program Pangan di Ciamis Masih Tergantung Anggaran Provinsi

29/10/2013 0 Comments
Program Pangan di Ciamis Masih Tergantung Anggaran Provinsi

Ilustrasi. Foto: Istimewa/Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),

Tiga program andalan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Ciamis, dalam memacu Kemandirian pangan, masih sama dengan program tahun sebelumnya. Ketiga program tersebut, yakni Program Lumbung Pangan, Desa Mandiri Pangan dan Usaha Ekonomi Produktif.

Di tahun 2014 ini, BKP Kabupaten Ciamis, dalam melakukan program Ketahanan Pangan masih mengandalkan anggaran dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat (Jabar). Sementara pos alokasi dari APBD Ciamis, yang diserap oleh BKP, hanya untuk program monitoring dan evaluasi.

Kepala BKP Kabupaten Ciamis, Hj. Titin, SH, didampingi Kepala Bidang Ketersediaan Pangan, Dra. Ike Mustikayati, Selasa (21/10), mengatakan, program-program Ketahanan pangan masih didanai dari anggaran Propinsi Jawa Barat.

“Seperti program Lumbung Pangan, pihak propinsi menyetujui kucuran dana bagi 41 kelompok. Setiap kelompok, diberi uang yang ditrasnfer ke rekening kelompok, sebesar 30 Juta rupiah, dan 20 juta rupiah untuk pembangunan fisik,” paparnya.

Titin mengatakan, pihaknya hanya sebatas mengajukan setiap usulan program, sedangkan kewenangan terakhir ada pada pihak propinsi.

“Seperti program Desa Mandiri Pangan, berkaca pada program 2013, hanya 2 dua kecamatan yang disetujui. Kami belum tahu, kalau untuk tahun 2014, entah berapa kecamatan yang akan difasilitasi,” ujarnya.

Masih menurut Titin, hal yang sama berlaku bagi program Usaha Ekonomi Produktif, anggarannya pun bersumber dari propinsi. “Dana dari APBD Kabupaten, hanya untuk monev saja,” ucapnya.

Titin menyebutkan, selain ketiga program tersebut, pihak propinsi juga memfasilitasi pameran dalam peringatan Hari Pangan Nasional (HPN), di Gedung Sate Bandung, pada tanggal 16 Oktober 2013 lalu.

“Kami membawa berbagai produk makanan lokal Ciamis untuk dipamerkan. Rata-rata produk olahan keanekaragaman pangan, mulai dari tepung hingga daging,” pungkasnya. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!