Rancang Pembangunan, Pemkab Pangandaran Dibimbing Kementerian PU

11/10/2013 0 Comments
Rancang Pembangunan, Pemkab Pangandaran Dibimbing Kementerian PU

Pantai Pangandaran tampak dari atas. Foto: Istimewa/Net

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pemkab Pangandaran akan membentuk Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD). Badan ini dibentuk guna merancang desain pembangunan yang nantinya akan dituangkan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), dan Rencana Pembangunan Jangka menengah (RPJM) Kabupaten Pangandaran.

Dalam merancang konsep pembangunan tersebut, Pemkab Pangandaran mendapat bimbingan teknis dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Bimbingan ini diberikan khusus untuk Daerah Otonom Baru (DOB) dalam menentukan perencanaan pembangunan ke depan.

Kepala Bappeda Kab. Pangandaran, Ade Supriatna, mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementrian PU akan memberikan bimbingan teknis dalam penyusunan perencanaan pembangunan Kabupaten Pangandaran.

“ Saat ini kita bentuk dulu BKPRD Kabupaten Pangandaran. Nah, nanti dalam perjalanannya, kita mendapat bimbingan dari pemerintah pusat dalam penyusunan rencana pembangunan tersebut, “ ujarnya, di sela-sela acara Workshop yang digelar Kementerian PU, di Hotel Surya Pesona Pangandaran, Selasa (8/10).

Menurut Ade, tugas BKPRD ini adalah membuat produk perencanaan yang dituangkan dalam tiga dokumen, yakni dokumen RTRW, dokumen RPJP dan dokumen RPJM. “ Nanti kita menampung sejumlah usulan perencanaan pambangunan di Kabupaten Pangandaran. Arah pembangunan Kabupaten Pangandaran seperti apa, nanti akan tertuang dalam 3 dokumen tersebut, “ jelasnya.

Menurut Ade, leading sektor BKPRD ini dikerjakan oleh 2 OPD, yakni Bappeda yang bertugas menyusun perencanaan. Kemudian Dinas PU menggarap soal Tata Ruang Wilayah.

“Nanti di BKPRD ini dibentuk sejumlah Pokja yang dipimpin langsung oleh Pj. Bupati. Kita berharap dalam mendesain perencanaan pembangunan ini, dilakukan secara matang dan melibatkan seluruh komponen. Hal itu agar pembangunan lebih terarah, “ pungkasnya. (Mad/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply