Tidak Ada Gugatan, Iing- Jeje Resmi Ditetapkan sebagai Pemenang Pilkada Ciamis

Tidak Ada Gugatan, Iing- Jeje Resmi Ditetapkan sebagai Pemenang Pilkada Ciamis

Sekretaris KPUD Ciamis Raden, S.Sos saat menyerahkan berkas Penetapan Hasil Pilkada Ciamis kepada Kasubag Umum Sekretariat DPRD Ciamis, Maman Suryaman, di Gedung DPRD Ciamis, Kamis (3/10). Foto: Eli Suherli/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah rapat pleno Pilkada Ciamis digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kabupaten Ciamis, Senin (1/10) lalu, akhirnya berkas penetapan pemenang Pilkada diserahkan oleh Sekretaris KPUD Ciamis Raden, S.Sos ke DPRD Ciamis yang diterima oleh Kasubag Umum Sekretariat DPRD Ciamis, Maman Suryaman, Kamis (3/10).

Penetapan hasil Pilkada tersebut, sesuai dengan ketetapan SK KPU Kabupaten Ciamis Nomor 31/KPTS/KPU-KAB/PILBUP/IX/2013 yang menetapkan pasangan Calon Bupati- Wakil Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien dan Jeje Wiradinata sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih masa jabatan 2014-2019.

“Karena tidak ada gugatan selama tiga hari setelah pleno Penetapan Hasil Rekapitulasi suara, KPU langsung menyerahkan SK pentapan pasangan terpilih ke DPRD Ciamis. Jika ada gugatan penyerahannya pastinya ditunda,” ujar Ketua KPUD Kabupaten Ciamis, Kikim Tarkim, S.Ag, M.Si, kepada HR, Kamis (3/10).

Dalam surat tersebut, kata Kikim,  selain menetapkan pasangan Iing Syam Arifien dan Jeje Wiradinata sebagai Bupati- Wakil Bupati Ciamis Terpilih, juga dilampirkan hasil perhitungan suara Pilkada Ciamis.

Pertama pasangan H. Iing Syam Arifien- Jeje WIradinata meraih 59,98 % atau 495.522 suara. Kedua Bagus Arief Wiwaha – Akasah meraih 19,09 % atau 157.701 suara. Ketiga Budi Kurnia – Mita Permatasari meraih 17,67 % atau 146.021 suara. Dan keempat Heddy Suhendra – Yedi meraih 3,26% atau 26.941 suara.

Setelah penyerahan berkas ke DPRD, kata Kikim, pihaknya akan secepatnya melaporkan seluruh hasil penyelenggaraan Pilkada Ciamis ke KPU Provinsi Jawa Barat dan KPU Pusat.

Dia menilai, dengan tidak adanya gugatan ke MK menunjukan kesadaran berdemokrasi masyarkat Ciamis masih tinggi. “Masyarakat dan peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis menjunjung tinggi demokrasi dan perbedaan pendapat. Ini ditunjukan dalam pelaksanaannya yang aman damai dan terkendali,” ujarnya.

Keberhasilan Pilkada Ciamis, tambah Kikim, tidak lepas dari peran serta seluruh partai politik, tokoh masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), media massa, aparat keamanan, pemerintah daerah, penyelenggara mulai tingkat kabupaten hingga desa,  dan elemen masyarakat lainnya.

“Keberhasilan Pilkada Ciamis berkat kerjasama yang baik dari semua pihak,” pungkasnya. (es/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles