Warga Padaherang Pangandaran Masih Kaji Untung Rugi Soal Pabrik Semen

20/10/2013 1 Comment
Warga Padaherang Pangandaran Masih Kaji Untung Rugi Soal Pabrik Semen

Foto Ilustrasi Pabrik Semen. Foto: Istimewa/Net

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Keputusan dari warga Desa Karangsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, untuk menyetujui dan tidaknya terkait rencana pembangunan industri pabrik semen PT Cham One, hingga saat ini belum diputuskan. Warga masih mengkaji mengenai dampak negatif dan positifnya apabila pabrik tersebut berdiri di kampungnya.

Tokoh Pemuda Desa Karangsari, Dikri, mengatakan, meski dirinya menyambut baik langkah dari investor yang bersedia bertemu langsung dengan warga dalam rangka sosialisasi rencana pendirian pabrik semen, namun untuk keputusan menyetujui dan tidaknya, perlu ada pertimbangan yang matang dan juga ada persetujuan dari seluruh element masyarakat.

“Memang sebagian besar masyarakat sudah mengerti dan paham tentang dampak positif dan negatifnya, dampak negatif di sini terkait pencemaran lingkungan. Sementara dari pihak perusahaan sudah menjamin akan menggunakan teknologi canggih untuk meminimalisir terjadinya polusi dan pencemaran lingkungan yang ditimbulkan dari pabrik tersebut,” ujarnya, kepada HR, usai pertemuan dengan PT Came One, di Aula Kantor Kecamatan Padaherang, pekan lalu.

Dengan begitu, lanjut Dikri, apabila sebagian masyarakat Padaherang, khususnya warga Desa Karangsari menyetujui pendirian pabrik semen, maka perlu dilakukan pertemuan berikutnya dengan pihak investor, untuk membahas lebih jauh terkait penanggulangan pencemaran lingkungan tersebut.

“Intinya agar tidak timbul permasalahan di kemudian hari. Maka harus dari sekarang hal-hal yang berpotensi berdampak negatif bisa ditanggulangi dan dicegah,” ungkapnya.

Sementara itu, Sukiman, Ketua Penggarap lahan, yang juga warga setempat, berharap apabila pabrik semen tersebut berdiri, perlu ada semacam komitmen atau perjanjian bahwa pihak perusahaan siap membantu dalam peningkatan bidang Infrastruktur, fasilitas kesehatan, serta sarana peribadatan di wilayah Desa Karangsari dan sekitarnya. (Mad/R2/HR-Online)

Berita Terkait:

4 Juta Ton Per Tahun, Bahan Baku Semen Bisa “Dikeruk” di Padaherang

Bangun Pabrik Semen di Padaherang, Butuh Sekitar 2500 Pekerja

About author

Related articles

1 Comment

  1. Urang Sopla October 23, at 21:51

    Kami warga karangmulya siap "BERJIHAD" , untuk menolak pencemaran lingkungan dengan CARA APAPUN!

    Reply

Leave a Reply