Di Banjar, Program UKS Baru Direalisasikan Dinkes

16/11/2013 0 Comments
Di Banjar, Program UKS Baru Direalisasikan Dinkes

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar kini sedang melaksanakan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), yaitu melakukan tes darah bagi siswa/siswi tingkat SMP dan SMA/sederajat. Program tersebut mulai berjalan dari tanggal 8 Oktober sampai akhir November 2013.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Banjar, Nyoman, STT., mengatakan, sebetulnya program UKS sudah lama dicanangkan, sesuai Kemenkes RI. Namun, baru kali ini bisa terealisasi dan akan menjadi program tahunan.

“Maka dari itu Dinkes Kota Banjar bekerjasama dengan UKS di tiap sekolah akan memeriksa kadar darah Hb atau Hemoglobin yang ada pada setiap siswa. Ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah sesuai standar atau tidaknya. Karena fungsi darah dalam tubuh manusia sangatlah penting. Sebab, fungsi dan pengaruh Hb darah sangat dominan dan menentukan sehat tidaknya seseorang,” kata Nyoman, kepada HR, Selasa pekan lalu.

Lebih lanjut dia mengatakan, kalau tubuh dalam keadaan sehat, para siswa dan siswi di sekolah akan mampu berkonsentrasi, serta bisa memiliki memori yang kuat. Karena, standar Hb dalam darah bervariasi sesuai dengan usia.

Untuk usia anak-anak, kadar Hb normalnya 11-14 g/dl. Sedangkan untuk usia dewasa dan pra sekolah, bagi pria Hb normalnya 14-18 g/dl, sedangkan perempuan 12-16 g/dl.

“Jadi intinya, siswa dan siswi yang kedapatan anemia misalnya, itu akan berpengaruh dalam menerima pelajaran. Dia tidak konsen saat belajar karena dengan mempunyai anemia seseorang akan loyo dan lesu, atau kurang sehat,” katanya.

Apabila nanti diketahui ada siswa dan siswi yang terkena anemia, maka pihaknya akan mengadakan penyuluhan. Untuk itu perlu adanya perbaikan gizi dengan pola makan yang teratur dan sehat.

“Anak-anak di sekolah harus pandai memilih, dan memilah makanan jajanan, agar terjaga kesehatannya. Kalau bisa menjaga pola makanan sehat, anggota tubuh tentu bisa sehat. Karena, dengan sehat kita hidup terasa nikmat, dengan sehat pula seseorang bisa beraktifitas secara baik,” pungkas Nyoman. (AM/Koran/HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply