Di Ciamis, Guru Dituntut Pahami Perubahan Kurikulum

Di Ciamis, Guru Dituntut Pahami Perubahan Kurikulum

Kepala Disdikpora Kabupaten Ciamis, H. Tatang S.Ag,M.Pd, sedang menjelaskan soal Kurikulum 2013 kepada para guru, pada kegiatan Sosialisasi Kurikulum 2013, di lingkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Sadananya. Photo : Dian Sholeh WP/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Ciamis meminta para guru memahami betul perubahan kurikulum, dari kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013. Guru juga dituntut untuk mengetahui penerapan atau pengimplementasian kurikulum baru tersebut.

Hal itu disampaikan Kadisdikpora Kabupaten Ciamis, H. Tatang S.Ag,M.Pd, pada acara Sosialisasi Kurikulum 2013 bagi guru, yang digelar di lingkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Sadananya, Selasa (19/11).

Tatang mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis kurikulum 2013 di Ciamis, sudah hampir menyeluruh atau mencapai angka 90 persen. Dari kegiatan itu, seharusnya guru sudah menguasai penerapan kurikulum 2013.

“Tahun sekarang, yang lebih ditekankan yaitu guru-guru kelas satu dan kelas empat. Selebihnya nanti, untuk guru kelas lain, akan dilakukan di  tahun 2014,” katanya.

Menurut Tatang, kurikulum 2013 yang dikedepankan cederung pada sikap. Setelah sikap, baru keterampilan dan pengetahuan. Sikap inilah, nantinya bermanfaat untuk membentuk manusia seutuhnya.

Pada kurikulum lama, kata Tatang, siswa bersifat pasif, sedangkan guru paling aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sedangkan kurikulum 2013, berbasis karakter bukan kompetensi.

”Kurikulum 2013 ini membebaskan anak didik untuk berkreasi. Bukan membebani peserta didik dengan tugas-tugas sekolah,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Sadananya, H. Dedi Kusmana, menambahkan, Kurikulum 2013 tidak hanya membuat anak didik sekedar membaca, menulis dan berhitung. Akan tetapi juga dibekali dengan keterampilan.

”Mudah-mudahan dengan diterapkannya kurikulum 2013 ini, akan tercipta anak yang berbudi luhur, berakhlak yang baik, dan menghormati orang tua serta guru,” pungkasnya. (DSW/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles