Di Ciamis, Pasar Kerajinan “TRI MJ SUAR” Kalangan Hotel Ternama

30/11/2013 0 Comments
Di Ciamis, Pasar Kerajinan “TRI MJ SUAR” Kalangan Hotel Ternama

Sebagian hasil Produksi  TRI MJ SUAR, berupa pigura, kap lampu dan kaca rias siap untuk dikirim ke setiap pemesan. Photo : Eji Darsono/HR

Oleh : Eji Darsono

Kerajinan Tangan hasil produksi “TRI MJ SUAR” yang  beralamat di Dusun  Singandarau,  RT 06 RW 10, Desa Kawali Mukti, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, tembus di perhotelan dan kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek).

Herdis (45), pengrajin, Senin (25/11), mengatakan, sudah menggeluti usaha kerajinan tangan sejak dua tahun silam. Diawali karena hobi dan punya kreatifitas, hasil kerajinan tangannya bisa laku terjual di pasaran.

Menurut Herdis, hal itu bisa terwujud tidak terlepas karena perencanaan yang matang, keyakinan dan keinginan yang besar. Ditunjang juga oleh sumberdaya alam (bahan baku) di wilayahnya yang begitu melimpah.

Bhan baku itu misalnya, bambu tukul, kulit pepaya, batok kelapa, bji-bijian, dan yang lainnya. Pembuatan kerajinan tangan yang dibuat itu, sangat bergantung pada ide atau gagasan, daya imajinasi, yang kemudian dituangkan dalam sebuah karya nyata.

Melalui imajinasi tersebut, bahan-bahan baku yang sudah tersedia, diolah menjadi kerajinan tangan yang cantik, seperti pigura, kaca rias, kap lampu atau jenis pun kerajinan lainnya.

Produk-poduk kerajinan “TRI MJ SUAR” dijual dengan harga yang bervariasi, mulai 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung dari besar kecinya (ukuran) dan tingkat kesulitan dari produk tersebut.

Terkait pemasaran, Herdis menjelaskan, barang-barang buatannya dominan dijual untuk di perhotelan di wilayah kabupaten Ciamis, Tasik dan Jabotabek, atau dari kalangan pemesan khusus.

Meski tidak menyebutkan berapa keuntungan yang sudah diperolehnya, Herdis mengaku,  melalui bisnis kerajinan tangan, dan pemanfaatan bahan baku limbah, secara tidak langsung  sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari.

“Masalah besar kecilnya keuntungan yang didapat, tergantung bagaimana kita bisa mensyukurinya,” pungkasnya. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply