Gorong-gorong Mampet, 1 Hektar Kebun di Purwaharja Banjar Terendam Banjir

10/11/2013 0 Comments
Gorong-gorong Mampet, 1 Hektar Kebun di Purwaharja Banjar Terendam Banjir

Lahan kebun sekitar 1 hektar kebun dan sejumlah kolam ikan di Lingkungan Siluman Baru, Kel/Kec. Purwaharja, Kota Banjar, terendam banjir. Foto: Eva Latifah/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Akibat mampet atau tersumbatnya saluran air di gorong-gorong yang berada di bagian bawah Jl. Brigjen. M. Isa, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, mengakibatkan lahan kebun dan sejumlah kolam ikan milik warga terendam banjir.

Menurut Emih, salah seorang pemilik warung, warga Katapang, Kel/Kec. Purwaharja, Minggu (10/11), mengatakan, lokasi yang terkena banjir berada di Lingkungan Siluman Baru, Katapang, RT.31/15, Kel/Kec. Purwaharja, Kota Banjar.

“Banjir seperti ini sudah biasa terjadi. Penyebabnya air dari Kali Cicapar tidak dapat mengalir ke Citanduy akibat gorong-gorong di bagian bawah jembatan Jalan M. Isa tersumbat, sehingga bila hujan turun maka air dari Kali Cicapar meluap hingga merendam sekitar 1 hektare lahan kebun dan beberapa kolam ikan yang ada di sekitarnya,” kata Emih, saat dijumpai HR, Minggu (10/11).

Sementara itu, Entis, warga lainnya, menyebutkan, meski banjir tidak sampai merendam rumah warga, namun tetap saja dianggap merugikan, khususnya bagi pemilik lahan kebun dan kolam ikan.

“Sejak jembatan di Jalan M. Isa diperbaiki akibat amblas, yaitu sekitar dua tahun lalu, sejak itu pula banjir sering terjadi. Itu memang akibat saluran gorong-gorong yang ada di bagian bawah jembatan terlalu kecil. Sebelumnya tidak pernah terjadi banjir, kecuali kalau Sungai Citanduy meluap. Jadi banjir sekarang mah bukan air dari Citanduy,” katanya.

Entis menambahkan, warga berharap pemerintah secepatnya melakukan perbaikan atau mengganti saluran gorong-gorong dengan ukuran yang lebih besar.Terlebih saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan.

“Kalau haru ini turun hujan lagi seperti kemarin, saya yakin banjir akan semakin meluas,” pungkas Entis. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!