Ironis! Sudah 3 Tahun, Jembatan di Cihaurbeuti Ciamis Ini Dibiarkan Rusak

Ironis! Sudah 3 Tahun, Jembatan di Cihaurbeuti Ciamis Ini Dibiarkan Rusak

Jembatan Ciarus yang rusak dan terputus di Dusun Depok, Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, sudah hampir 3 tahun belum diperbaiki. Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akibat bencana banjir bandang yang terjadi tiga tahun lalu di Dusun Depok, Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, membuat Jembatan Ciarus yang berada di daerah tersebut rusak dan terputus akibat tergerus air bah. Ironisnya, jembatan itu hingga saat ini belum diperbaiki. Padahal, Pemkab Ciamis dan Pemprov Jabar sudah beberapa kali menjanjikan akan segera memperbaiki.

Akibat jembatan itu terputus, membuat warga yang berada di empat dusun harus rela berputar sekitar 5 kilometer untuk menuju jalan raya Cihaurbeuti. Hingga saat ini pun, belum ada tanda-tanda jika jembatan penghubung Dusun Depok, Ciawitali, Sedakidul dan Sedakaler akan segera diperbaiki.

Kepala Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Dede Ali, mengatakan, setelah jembatan tersebut rusak dan terputus, memang pernah ada petugas dari Pemkab Ciamis dan Pemprov Jabar melakukan pengukuran sebagai perencanaan untuk memperbaiki.

“Tapi, setelah ditunggu selama 3 tahun, hingga saat ini belum ada realisasinya. Terus terang, kami jenuh hanya mendengar janji-janji,” tegasnya, saat meninjau ke lokasi jembatan, Kamis (31/10).

Dede juga mengatakan, apabila tidak segera diperbaiki, pihaknya khawatir apabila terjadi hujan deras, jembatan yang memiliki panjang 14 meter ini malah hancur dan hanyut terbawa air. “Meski badan jembatan terputusnya hanya sekitar satu meter, tetapi pondasinya sudah hancur. Makanya, kami sudah hampir 3 tahun menutup jembatan ini,” ungkapnya.

Menurut Dede, warga sudah lelah menagih janji pemerintah yang sebelumnya sudah menjanjikan akan segera memperbaiki jembatan tersebut. “Malah warga kami sudah menggelar unjuk rasa ke Pemkab Ciamis untuk menuntut perbaikan jembatan ini. Namun tetap saja tidak pernah didengar,” ujarnya.

Dede pun berharap,  tahun depan jembatan ini bisa diperbaiki. Karena jembatan tersebut benar-benar sangat dibutuhkan oleh warga setempat.

Dalam kesempatan yang sama,  Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jabar, Irwan Kusandiantoro, menyesalkan Pemkab Ciamis membiarkan jembatan yang merupakan akses transportasi warga itu rusak dan terlebih dibiarkan sudah hampir selama 3 tahun.

“Saya akan mendorong dan mengawal terus jembatan ini agar bisa dianggarkan di APBD Provinsi 2014. Jika benar Pemprov pernah menjanjikan, saya akan tanyakan langsung ke Gubernur,” kata politisi Partai Demokrat ini, saat meninjau ke lokasi jembatan, Kamis (31/10).

Irwan Juga mengaku prihatin akibat terputusnya jembatan tersebut membuat warga setempat harus berputar arah menggunakan akses jalan lain untuk menuju jalan raya Cihaurbeuti. “Akibat jembatan ini putus, sudah dipastikan perekonomian warga di sini sedikitnya terganggu. Karenanya, saya menargetkan pada Anggaran 2014 bisa diperbaiki,” pungkasnya. (Ry/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles