Kholil ; Bermimpi Kembangkan Kampung Gurami di Pangandaran

16/11/2013 1 Comment
Kholil ; Bermimpi Kembangkan Kampung Gurami di Pangandaran

Kholil, Ketua Kelompok Perikanan Kawungsari, saat menunjukkan kolam induk gurami miliknya. Photo : Deni Supendi/HR

Cijulang, (harapanrakyat.com),-

Budidaya ikan gurami sudah menjadi andalan warga Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Kelompok pembudidaya disana mencanangkan Desa Kertayasa tersebut menjadi kampung gurami di Pangandaran. 

Ketua Kelompok Perikanan Kawungsari Desa Kertayasa, Kholil, Sabtu (9/11), mengatakan, dia dan sejumlah warga sudah merintis budidaya ikan gurami sejak delapan tahun silam. Awalnya, budidaya itu dilakukan karena coba-coba.

Namun, setelah sekian tahun berjalan, kaat Kholil, ternyata prospek bisnis ikan gurami cukup menggiurkan. Alhasil, dia bersama anggota Kelompok Kawungsari mencoba mengembangkan usaha budidaya tersebut.

“Mayoritas warga di desa ini punya kolam ikan gurami,” ungkapnya.

Menurut Kholil, budidaya ikan gurami di desanya terasa semakin berkembang karena didukung pula dengan pasokan air yang sangat melimpah. Dia berharap jauh, budidaya ikan gurami bisa menjadi penggerak ekonomi desa tersebut.

“Warga tidak saja membesarkan ikan di kolam, namun juga memiliki kemampuan memijahkan bibit gurami. Berbagai jenis ikan gurami, mulai dari bibit hingga konsumsi pun akan disediakan,” kata Kholil.

Kholil mengakui, budidaya ikan gurami sudah mulai menjadi andalan masyarakat sejak dulu. Selain sebagai tabungan keluarga, ikan gurame mudah dijual sehingga sewaktu-waktu butuh uang bisa dimanfaatkan.

“Yang lebih utama lagi untuk kebutuhan keluarga,” katanya.

Kebutuhan keluarga ini mulai dari perayaan hari besar agama, hajatan, hingga hidangan jika sewaktu-waktu kedatangan tamu. Dalam setiap hajatan dan perayaan hari besar agama, ikan gurame sudah menjadi menu utama dalam setiap hidangan.

“Mimpi besar kami, itu tadi, menjadikan desa ini sebagai kampung gurami, sebagaimana kampung gurami beji di Purwokerto,” pungkasnya. (Deni/Koran-HR)

About author

Related articles

1 Comment

  1. jaka sp November 16, at 19:42

    Pak deny temen2 pengrajin tempe dan tahu di banjar yg butuh kedele hub saya 081330558754.harga gudang.

    Reply

Leave a Reply