KPUD Ciamis : Partai dan Caleg Wajib Laporkan Dana Kampanye

28/11/2013 0 Comments
KPUD Ciamis : Partai dan Caleg Wajib Laporkan Dana Kampanye

Ketua KPUD Ciamis, Kikim Tarkim, saat menggelar acara sosialisasi PKPU No 17 tahun 2012, tentang pedoman pelaporan dan kampanye, di Hotel Sandaan, Pangandaran. Photo : Madlani/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ciamis menggelar sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 17 tahun 2013, tentang pedoman pelaporan dana kampanye peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2014, bertempat di Hotel Sandaan, Selasa-Rabu (26-27/11).  

Saat ditemui wartawan, Ketua KPUD Kabupaten Ciamis, Kikim Tarkim, S.Ag, mengatakan, pihaknya mengundang semua partai peserta Pemilu 2014, yang meliputi Ketua dan Bendahara.

Tujuannya, kata Kikim, untuk menjalin konsolidasi antara KPUD, Panwas dan Partai peserta Pemilu. Kegiatan itu juga dimaksudkan agar partai peserta Pemilu memahami aturan yang sudah ditetapkan oleh KPU.

“Partai atau Caleg nanti, diharuskan untuk melaporkan dana kampanye. Kalau tidak, yang bersangkutan dapat dicoret. Dan itu sesuai dengan UU No 8 tahun 2012, tentang pemilu legislatif dan partai peserta pemilu,” ungkapnya.

Kikim menambahkan, partai politik juga diharuskan untuk membuat program keluar masuk keuangan partai, dengan melibatkan akuntan. KPU sendiri, kata dia, menyediakan desk kampanye yang akan menangani komunikasi dana partai politik.

“Di Ciamis, Parpol sudah membuat rekening nya dan sudah melaporkan rekening dana kampanye. Di beberapa daerah atau kab/kota malah belum melaporkan,” pungkasnya. (mad/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply