Kurangi Angka Korban, BPBD Ciamis Latih Penyandang Difabel

Kurangi Angka Korban, BPBD Ciamis Latih Penyandang Difabel

Para penyandang difabel mengikuti pelatihan yang digelar BPBD, di Aula Hotel Tyara Plaza, Rabu (13/11). Photo : Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Puluhan kaum dipabel (different ability) mengikuti pelatihan pengurangan resiko bencana, bertempat di Aula Tyara Plaza, Jalan Jendral Sudirman, Kabupaten Ciamis, Rabu (13/11). Kegiatan pelatihan tersebut diselenggaran oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis.

Kegiatan pelatihan itu sengaja diselenggarakn untuk mengurangi resiko korban dari kalangan kaum dipabel. Selama ini, banyak diantara mereka menjadi korban di saat bencana terjadi. Gara-garanya, mereka tidak mengetahui cara bagaimana menghadapi bencana.

“Akibat keterbatasan pisik, mereka sulit untuk menghindari bencana. Masyarakat umum, bila menghadapi bencana pun pasti akan panik, dan menyelamatkan diri masing-masing. Dengan kegiatan ini, kaum dipabel bisa tahu tata cara menghindari bencana,” kata Praditya P Pratiwi, Team Leader kegiatan.

Menurut Praditya, untuk menghindari banyaknya korban dari kaum difabel, pihaknya sengaja memberikan pelatihan tentang bagaimana menyelamatkan diri saat terjadi bencana. Diharapkan, informasi yang didapat dari pelatihan, bisa disebarluaskan kepada sesama penyandang difabel.

Dodo (40), penyandang difabel, megaku sangat terharu dengan kegiatan yang digelar BPBD Kabupaten Ciamis tersebut. Alasannya karena BPBD sudah memberikan kepedulian kepada kaum difabel seperti dirinya.

“Mudah-mudahanan, dengan mengikuti pelatihan ini, kami bisa menerapkannya di lingkungan. Dengan begitu, kaum kami pun dapat berupaya menghindari bahaya akibat bencana,” pungkasnya. (Heri/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles