(Langit Biru Ciamis) Mengolah Sampah Menjadi Rupiah

(Langit Biru Ciamis) Mengolah Sampah Menjadi Rupiah

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka mensosialisasikan program langit bersih bebas asap (langit biru), Sekretaris Badan Pengawas Lingkungan Hidup, Drs. H. Adang Darajat, Senin (4/11), melarang penanganan atau pemusnahan sampah dengan cara dibakar.

Menurut dia, mengacu pada aturan lingkungan hidup saat ini, solusi untuk pemusnahan sampah dilarang dengan cara dibakar. “Untuk menanggulangi sampah, pertama kita kumpulkan, selanjutnya dipilah antara sampah organik dan sampah non-organik,” katanya.

Dengan cara demikian, kata Adang, selain bisa menanggulangi sampah,  juga bisa dijadikan lahan usaha yang bisa menghasilkan uang. Untuk sampah non organik, seperti plastik bekas minuman mineral, kaleng bekas susu, dan kertas, bisa dikumpulkan dan dijual.

Sementara untuk sampah organik, seperti daun, bekas atau sisa makanan, bisa dijadikan pupuk. Dengan kata lain, penanggulangan sampah yang baik dan benar adalah dengan memanfaatkannya sedemikian rupa atau mendaur ulang.

“Dari semua cara itu, tentunya bisa menjadi penghasilan bagi kita semua. Untuk itu, mari dari sekarang rubah cara menanggulangi sampah, yang bisa menghasilkan uang,” ungkap Adang.

Adang menambahkan, bila semua pihak sudah mengerti tentang hal itu, sudah bisa dipastikan untuk menanggulangi sampah tidak akan repot seperti sekarang, ”Saya bisa pastikan, bila ini dilaksanakan, tidak akan ada lagi sampah yang terbuang percuma,” pungkasnya. (Heri/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles