Lewat Lomba, Lagu Sunda di Ciamis Dilestarikan

27/11/2013 0 Comments
Lewat Lomba, Lagu Sunda di Ciamis Dilestarikan

Dharma Wanita Persatuan Disdik Ciamis saat mengikuti acara pasanggiri lagu sunda. Photo : Dian Sholeh Wardiana/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka melestarikan dan mempertahankan budaya kearifan lokal, Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar lomba atau Pasanggiri lagu-lagu sunda.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Disdik Kabupaten Ciamis, Eli Tatang, Selasa (26/11), mengatakan, acara yang digelar di Aula Rengganis itu, merupakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke 68.

Eli menuturkan, acara tersebut juga selain sebagai ajang silaturahmi dan pertemuan rutin, juga sebagai menjadi ajang untuk  melestarikan budaya sunda dan menggali potensi yang ada di anggota Dharma Wanita.

Kegiatan ini juga, kata Eli, untuk membudayakan kembali lagu-lagu sunda di tengah-tengah masyarakat, agar kesenian rakyat sunda tidak terkikis oleh perkembangan jaman. ”Kami sengaaj mengadakan acara seperti ini untuk lebih meningkatkan kreatifitas dan menumbuhkan kearifan lokal,  supaya bisa tetap bertahan dan terus dilestarikan,” ujarnya.

Menurut Eli, budaya sunda juga harus dijadikan filter bagi masyarakat, agar tidak terpengaruh oleh budaya asing yang dapat merusak moral bangsa. Lagu wajib dalam perlombaan tersebut yaitu, Kartinis Srikandi Nagri, dan untuk lagu pilihannya, Pasundan Eksiganda sama Lagu Ciamis.

”Kegiatan ini merupakan salah satu program Dharma Wanita,” imbuhnya.

Perlombaan tersebut diikuti 13 peserta, diantaranya 5 peserta dari perwaklian wilayah UPTD dan 8 perwakilan dari komisariat. Untuk juara pertama, diraih Komisariat 1, juara kedua UPTD Pendidikan wilayah utara, ketiga Dharma Wanita dan untuk juara Faforit diraih oleh MKKS SMA/SMK. (DSW/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply