Penerapan PHBS di Kota Banjar sudah Capai 70 Persen

Penerapan PHBS di Kota Banjar sudah Capai 70 Persen

Walikota Banjar terpilih, Hj. Ade Uu Sukaesih, tengah menyaksikan salah seorang warga yang sedang melakukan pengecekan gula darah. Photo: Eva Latifah/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hingga tahun 2013 ini, sekitar 70 persen masyarakat Kota Banjar sudah menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Dan, di tahun 2014 mendatang sasarannya diharapkan mampu mencapai 90 persen.

Hal itu dikatakan Walikota Banjar terpilih, Hj. Ade Uu Sukaesih, SIP, M.Si., saat ditemui HR usai mengikuti kegiatan senam bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan Dinas Kesehatan (Distan) Kota Banjar, di Taman Kota Lapang Bakti, Minggu (17/11).

Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 12 Desember, sekaligus menyambut Hari AIDS Sedunia (HAS) tanggal 1 Desember mendatang.

“Dalam rangka menyambut HKN tahun 2013, Alhamdulillah Kota Banjar mendapatkan penghargaan sebagai Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan beberapa hari kebelakang di Jakarta. Meski sudah mendapatkan penghargaan sebagai kota sehat, tapi kita tidak berhenti sampai disini saja, namun harus terus ditingkatkan pola hidup sehat di masyarakat,” katanya.

Terkait dengan peringatan HAS, menurutnya hal itu pun erat kaitannya dengan PHBS yang dijalankan oleh masyarakat itu sendiri. Salah satunya bagaimana prilaku keluarga, masyarakat maupun lingkungannya.

“Dengan demkian maka masalah kesehatan itu bukan tanggung jawab Dinas Kesehatan saja, tetapi tanggung jawab kita semua,” kata Ade Uu.

Sementara itu, dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan diantaranya cek gula darah, jantung dan pemeriksaan tensi darah bagi lansia (lanjut usia). Acara senam bersama dimulai dari jam 06.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan yang berakhir sekitar jam 08.30. Semua rangkaian kegiatan tersebut disambut antusias oleh ratusan masyarakat. (Eva/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles