Prihatin! Jalan Hujungtiwu Ciamis Berlubang dan Berkerikil

12/11/2013 0 Comments
Prihatin! Jalan Hujungtiwu Ciamis Berlubang dan Berkerikil

Panjalu, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah ruas jalan raya sepanjang 1 kilometer, tepatnya di lintas Desa Hujungtiwu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis disoal warga. Pasalnya, aspal di jalan itu sudah banyak yang terkelupas, menyisakan kerikil-kerikil tajam dan lubang menganga.

Rahmat, warga Desa Hujungtiwu, Sabtu  (2/11), mengatakan, kondisi jalan yang berada di wilayah desanya sudah sangat memprihatinkan. Dia mengaku, akibat kondisi jalan yang penuh dengan lubang-lubang itu, aktifitas sehari-hari menjadi sangat terganggu.

Menurut Rahmat, akses jalan yang kondisinya rusak parah ini, sebenarnya wajar terjadi. Sebab, sudah sejak lama tidak mendapat perbaikan. Apalagi bila musim hujan, jalan selalu digenangi air.

Dodi, warga lainnya, mengatakan, akses jalan menuju Kecamatan Sukamantri, sekaligus sebagai penghubung ke Kabupaten Majalengka, perlu dijadikan skala prioritas oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Bila akses jalan baik, dengan sendirinya mobilitas perekonomian warga akan lebih lancar dan meningkat,” katanya.

Aa, pengguna jalan, asal Dusun Cimendong RT 14 RW 06 Desa Panjalu, menuturkan, kendaraan bermotor terpaksa berjalan pelan, saat melintasi ruas jalan yang rusak. Jalan tersebut digunakan warga sebagai jalan alternatif untuk menuju Kuningan dan Majalengka.

“Setiap harinya, banyak masyarakat maupun penggunan jalan lain yang melintasi jalan ini.  Banyaknya lubang-lubang di sepanjang ruas jalan, sangat menggangu. Terlebih,  kedalaman lubang mencapai hampir 25 centimeter. Tidak jarang, banyak pengendara yang terperosok jatuh,” katanya.

Maman (45), warga lainya, memperkirakan, agenda perbaikan jalan di wilayah Ciamis utara kemungkinan besar akibat terbatasnya anggaran. Namun, bisa dipastikan setelah Pangandaran berpisah dengan Ciamis, jalan tersebut secepatnya diperbaiki.

“Mudah-mudahan saja tahun  2014, Bupati Ciamis lebih mengutamakan perbaikan dan  pembangunan jalan untuk di wilayah ini,” pungkasnya. (dji/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!