Proyek Mobnas Belum Pasti, ‘Skill’ Siswa Ciamis Tetap Diasah

23/11/2013 0 Comments
Proyek Mobnas Belum Pasti, ‘Skill’ Siswa Ciamis Tetap Diasah

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Belum jelasnya kabar tentang kelanjutan proyek mobil nasional (mobnas) yang melibatkan beberapa SMK di tanah air, termasuk SMKN 2 Ciamis, bukan menjadi halangan untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan para siswa SMKN 2 Ciamis.

SMKN 2 Ciamis sudah dipercaya untuk menjadi salah satu perakit mobil nasional, penyedia aneka produk karet komponen mobil, dan  saat ini masih menunggu tindak lanjut proyek mobil buatan siswa SMK tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi kepercayaan itu, terlepas kami pun masih menunggu kelanjutan proyek tersebut,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Tatang, SAg, MPd, Selasa (19/11), usai memberikan pengarahan Kurikulum 2013, di SDN 3 Mangkubumi Sadananya.

Tatang menuturkan, pihaknya tetap akan meningkatkan kualitas keterampilan khusus siswa SMK. “Ada atau tidak ada proyek Mobnas, kami tetap akan bertekad meningkatkan kualitas keterampilan khusus siswa, apalagi dengan kurikulum 2013 ini, sikap dan mental peserta didik dalam meningkatkan ilmu dan keterampilan sangat terbuka luas,” ujarnya.

Menurut Tatang, belum adanya khabar kelanjutan proyek Mobnas tersebut jangan dijadikan batu sandungan untuk meningkatkan kualitas keterampilan khusus siswa SMK. “Mari kita menatap kedepan, dengan kurikulum 2013 ini, output siswa akan semakin berkualitas,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala SMKN 2 Ciamis, Asep Agus, mengatakan, bahwa pihaknya masih menunggu kelanjutan proyek Mobnas tersebut. “Praktek-praktek perbengkelan di bidang otomotif tetap kami arahkan, meskipun belum secara langsung, karena masih menunggu kabar dari pusat,” ujarnya.

Sebagai informasi jika saja proyek Mobnas jadi diterapkan, maka akan berdampak pada peningkatan sektor riil, khususnya pada pengrajin bahan setengah jadi karet olahan Ciamis. “Tidak hanya UKM, akan tetapi petani karetpun akan mendapat pangsa pasar dari proyek ini. Intinya, proyek ini bisa mendongkrak sektor riil Ciamis, karena untuk satu unit mobil saja di butuhkan ratusan komponen berbahan baku karet,” pungkas narasumber yang enggan dikorankan. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!