Tingkatkan Kedisiplinan PNS, Inspektorat Pangandaran Gelar Sidak

12/11/2013 0 Comments
Tingkatkan Kedisiplinan PNS, Inspektorat Pangandaran Gelar Sidak

Parigi, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Inspektorat Kabupaten Pangandaran menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pangandaran.

Kasubag. Kepegawaian Inspektorat Kabupaten Pangandaran, Rohaeni, SH., beberapa waktu lalu, mengatakan, saat menggelar sidak di Sekretariat Daerah (Setda), pihaknya meminta bukti kehadiran pegawai dari seluruh OPD yang dikunjungi.

“Kami dari Inspektorat melaksanakan tugas dari Inspektur, Nomor 800/86/Inspektorat, per tanggal 1 November 2013, yang merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010, tentang Disiplin Pegawai Negri Sipil, harus masuk kerja dan mentaati ketentuan jam kerja,” katanya.

Untuk itu, lanjut Rohaeni, setiap PNS wajib datang guna melaksanakan tugas, dan pulang sesuai ketentuan jam kerja, serta tidak berada di tempat umum bukan karena tugas. Dan hasil dari sidak tersebut ternyata memuaskan, karena semua absensi yang ada di OPD terdapat keterangannya.

“Kalaupun ada yang tidak masuk kantor, tapi ada surat dinas luar dan surat ijin karena ada keperluan lain,” kata Rohaeni.

Hal senada dikatakan Lia Aprilia, Tim Pelaksana Inspeksi Mendadak. Dia mengatakan, berdasarkan Peraturan Pj. Bupati Pangandaran Nomor 2 tahun 2013, tentang Organisasi dan Tata Kerja Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pangandaran, Pasal 19 (1) menyebutkan bahwa kedudukan Inspektorat merupakan unsur pengawasan penyelanggaraan pemerintah daerah.

Adapun strategi pencapaian indikator yang dijadikan target sasaran dari inspeksi mendadak ini adalah jumlah kehadiran pegawai, yakni dengan meneliti daftar hadir, keterangan ketidak hadiran, ketentuan apel pagi dan sore, ketertiban menggunakan tanda pengenal korpri, pakaian seragam, keamanan kantor, kotak sampah, dan asbak rokok, serta cermin untuk kerapihan.

“Selain itu, kebersihan kamar mandi dan WC juga termasuk salah satu di dalamnya. Semuanya telah kita periksa dan hasilnya sudah maksimal,” kata Lia. (Syam/Koran-HR)

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply