Warga Ngeluh Proyek Jalan Raya Padaherang Tak Kunjung Rampung

27/11/2013 0 Comments
Warga Ngeluh Proyek Jalan Raya Padaherang Tak Kunjung Rampung

Inilah aksi protes yang dilakukan warga Padaherang, beberapa waktu lalu. Aksi ini merupakan akumulasi kekesalan warga terhadap pengerjaan proyek jalan tersebut yang tak kunjung selesai. Foto: Dokumentasi HR

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Penduduk di wilayah Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, seringkali terdengar mengeluhkan soal perbaikan jalan Nasional, yang melintasi wilayah Sambong-Ciganjeng.

Pasalnya, rumah penduduk yang berada tepat di sepanjang jalur itu merasa terganggu, setiap kali ada kegiatan pengerjaan perbaikan. Saat material diturunkan dari kendaraan besar, suara gemuruh dan getaran bumi selalu terasa.

Bahkan, tidak jarang hal itu juga membuat rumah mereka ikut bergetar. Masyarakat pun bertanya-tanya, kapan proyek tersebut akan selesai. Mereka khawatir, jika batas waktu  tidak jelas, rumah mereka bisa-bisa keburu ambruk lantaran getaran yang ditimbulkan oleh aktifitas proyek.

Ketua BPD Desa Sindangwangi, Yulius (42), Selasa (26), mengatakan, rumah miliknya tepat berada di jalur nasional yang sekarang ini sedang diperbaiki. Dia juga mempertanyakan, kapan perbaikan jalan itu akan berakhir.

Soalnya, kata Yulius, bila dilihat dari aktifitas pekerjaan, dalam seminggu dia hanya melihat aktifitas pengerjaan dilakukan dalam dua hari, sisanya libur. Dia menilai, pelaksanaan atau pengerjaan perbaikan jalan itu terkesan asal-asalan.

“Saya melihat pengerjaan ini sepertinya sangat lambat, kapan selesainya. Kalau seperti ini, peran pemerintah daerah seolah-olah tidak ada,” tutur Yulius

Di tempat terpisah, Kadis PU, Perhubungan, Komunikasi dan Informasi, Kabupaten Pangandaran, Dadang Dimyati, mengatakan, terkait Proyek Jalan Nasional, Pemerintah Kabupaten Pangandaran tidak mempunyai kewenangan.

Namun demikian, pihaknya sudah berkomunikasi  dengan Dinas PU Propinsi. Seperti halnya masyarakat, Pemkab Pangandaran juga mempertanyakan kapan perbaikan jalan itu selesai. Dari komunikasi itu diketahui, Pemprov  menjanjikan akhir Desember perbaikan sudah rampung.

Menurut Dadang, jalan nasional di wilayah Padaherang yang mendapat perbaikan sudah terbilang cukup panjang, tinggal menyisakan beberapa titik saja. Kalaupun pengerjaan molor, atau melebihi batas waktu Desember, pastinya pihak rekanan pelakasana akan menghadapi masalah.

“Kami juga berharap Pemprov Jabar memantau ke lapangan. Dan masyarakat, lebih baik bersabar,” pungkasnya. (Mad/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply