2 Bulan Lalu Fosil Manusia Purba Ditemukan di Tambaksari Ciamis

2 Bulan Lalu Fosil Manusia Purba Ditemukan di Tambaksari Ciamis

Fosil tulang gajah purba yang tersimpan rapi di Museum Tambasari. Foto: Istimewa/Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah ditemukan fosil hewan dan tumbuhan purba di Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, pada sekitar tahun 1980- an dan fosil-fosil itu saat ini sudah tersimpan rapi di Museum Tambaksari, kini kabar terbaru di daerah tersebut ditemukan pula fosil mirip manusia purba.

Juru Pelihara Museum Tambaksari, Carkim, mengatakan, sekitar bulan Oktober lalu warga setempat menemukan benda yang diduga mirip fosil manusia purba. “Penemuan itu tak jauh dari lokasi ditemukannya fosil hewan purba,” ujarnya, Jum’at (27/12).

Menurut Carkim, dugaan sementara bahwa fosil manusia purba tersebut umurnya lebih tua dari fosil manusia purba Sangiran yang ditemukan di Sragen Jawa Tengah. “Fosil manusia purba itu sudah dibawa oleh tim arkeologi Bandung pada bulan November lalu untuk diteliti dan guna memastikan umur dari fosil tersebut,” katanya.

Sebelumnya, sekitar tahun 2003, sejumlah arkeolog Indonesia pernah menemukan fosil manusia purba di daerah Tambaksari. Fosil itu berbentuk gigi seri manusia purba Pihecantropus yang ditemukan di Sungai Cisanca Tambaksari. Fosil ini pun diperkirakan berumur kurang lebih sekitar 8.000 tahun SM dan lebih tua dari yang pernah ditemukan di Sangiran Jawa Tengah. (Her/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles