Akibat Cuaca Buruk, Nelayan Pangandaran Berhenti Melaut

09/12/2013 0 Comments
Akibat Cuaca Buruk, Nelayan Pangandaran Berhenti Melaut

Ratusan Perahu terpaksa diparkir di bibir pantai. Nelayan takut melaut lantaran cuaca sedang buruk. Photo : Entang SR/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Tiga minggu terakhir ini, cuaca yang tidak menentu dan selalu berubah-rubah, membuat sejumlah nelayan yang ada di pesisir Pantai Pangandaran mengurungkan niatnya untuk melaut, mencari ikan. Pasalnya, gelombang ombak sedang tidak bersahabat.

Akibat kondisi itu, ratusan perahu terpaksa diparkir di bibir pantai. Hal tersebut sengaja di simpan oleh para nelayan, dan mereka pun lebih memilih istrirahat ketimbang mengambil resiko tinggi.

Ketua rukun nelayan Pangandaran, Jajang, mengatakan, cuaca yang selalu berubah tak menentu itu membuat nelayan mengeluh. Sebanyak 800 perahu terpaksa diparkir di bibir pantai timur, sambil menunggu cuaca kembali normal.

Saat ini, kata Jajang, ketinggian gelombang di laut mencapai 4 sampai 5 meter. Bila nelayan memaksakan diri untuk melaut, akan sangat membahayakan keselamatan para nelayan yang ada di Pangandaran.

Untuk mengisi kekosongan aktifitas, nelayan pangandaran lebih memilih untuk memperbaiki jaring atau memperbaiki perahu. Hal itu dilakukan nelayan karena mereka tidak memiliki usaha sampingan lain.

“Para nelayan berharap, pemerintah memberikan keterampilan lain untuk nelayan agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, jika terjadi cuaca buruk seperti saat ini,”pungkasnya. (Entang/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply