Amblas, Akses Jalan 2 Dusun di Pamarican Ciamis Nyaris Terputus

17/12/2013 0 Comments
Amblas, Akses Jalan 2 Dusun di Pamarican Ciamis Nyaris Terputus

Sekretaris Desa (Sekdes) Bantarsari, Ruhimat (40), saat menunjukan jalan amblas di di Dusun Rasabaya RT 17/RW 7 Desa Bantarsari Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Selasa (17/12). Foto: HermantoHR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Pamarican, Kabupaten Ciamis dan sekitarnya, mengakibatkan Jalan yang menghubungkan dua dusun amblas, Selasa (17/12). Jalan yang berada di Dusun Rasabaya RT 17/RW 7 Desa Bantarsari Kecamatan Pamarican ini, amblas sekitar pukul 04.30 WIB sedalam sekitar 50 cm dan panjang sekitar 15 m.

Sekretaris Desa (Sekdes) Bantarsari, Ruhimat (40), mengatakan, penyebab longsornya jalan tersebut disebabkan dari tanah yang labil dan bronjong atau penyangga yang ada di jalan tersebut tidak kuat lantaran terus-menerus diguyur hujan. “Akibatnya jalan ini amblas sedalam 50 cm,” ujarnya.

Akibat amblasnya jalan tersebut, aktivitas warga jadi terganggu, lantaran jalan ini merupakan satu-satunya akses yang terdekat untuk menuju ke kota Kecamatan Pamarican.

Saman (46) warga setempat menuturkan, melihat peristiwa ini, warga kemudian beramai-ramai kerja bakti memperbaiki jalan dengan alat manual.”Kami memperbaiki secara manual, hal ini dilakukan supaya warga bisa melewati jalan ini,” tuturnya.

Ruhimat pun meminta Pemkab Ciamis segera melakukan perbaikan, mengingat jalan tersebut satu-satunya akses penghubung menuju pusat Kecamatan Pamarican. “ Daerah kami memang rawan bencana. Karenanya kami meminta Pemkab memberikan perhatian khusus ke daerah kami untuk melakukan penanggulangan pada setiap bencana yang terjadi,” pungkasnya. (Hermanto/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!