Bantuan Tanaman Buah BP4K Ciamis Diapresiasi Poktan

19/12/2013 0 Comments
Bantuan Tanaman Buah BP4K Ciamis Diapresiasi Poktan

Kepala BP3K Baregbeg, H.  Wardi Supriadi dan Pimpinan Poktan Taruna Bhakti, Asep Nugraha, bersama masyarakat tengah melakukan penanaman bibit pohon Nangka Genjah, di Dusun Balemoyan. Photo : Dicky Heryanto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Program bantuan  tanaman buah-buahan dari BP4K Kabupaten Ciamis mendapat apresiasi dari warga. Salah satu penanaman buah-buahan tersebut berada di Dusun Balemoyan, RT 04/RW 01, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis.

Sebanyak 2000 tanaman buah-buahan, yang terdiri dari tanaman nangka genjah, nangka kaweni dan dukuh tersebut, diberikan melalui BP3K Kecamatan Baregbeg bersama dengan bantuan 10 ekor domba, kepada Kelompok Tani (Poktan) Taruna Bhakti.

“Kami bersama warga langsung melakukan penanaman di kebun milik warga, untuk menindaklanjuti program tersebut,” ungkap Asep Nugraha, Ketua Poktan Taruna Bhakti..

Asep menuturkan, pihaknya bersama warga tidak hanya memikirkan proses penanamannya saja, melainkan proses pengolahan dan pasar dari tanaman buah itu. “Nangka akan kami olah menjadi keripik. Soal SDM dan alat pemrosesan pasca panen, sedang kami upayakan,” paparnya.

Menurut Asep, pihaknya ingin mengoptimalkan bantuan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat setempat. Dia juga memimpikan sentra industri makanan olahan berupa keripik nangka di wilayah tersebut.

“Bahkan di Kecamatan Baregbeg. Karena bantuan tanaman ini melingkupi 10 kelompok juga di Kecamatan Baregbeg,” ujarnya.

Ditemui di sela acara, Ketua BP3K Baregbeg, H. Wardi Supriadi, mengatakan, pihaknya juga sangat mengapresiasi keinginan warga di Dusun Balemoyan. “Artinya, ada optimalisasi bantuan, bukan hanya sekedar menerima bantuan dan menikmati hasilnya saja, namun warga berkeinginan untuk membuat nilai tambah dari bantuan itu,” pungkasnya. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply