Buat Grand Design Penataan Pangandaran, Pemprov Libatkan Akademisi

17/12/2013 0 Comments
Buat Grand Design Penataan Pangandaran, Pemprov Libatkan Akademisi

Pangandaran tampak dari atas. Foto: Istimewa/Net

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengatakan, pihaknya akan melibatkan sejumlah akademisi dalam membuat grand design dan masterplan terkait penataan kawasan objek wisata pantai Pangandaran. Hal itu dilakukan agar kawasan pantai lebih tertata dan dapat memperhatikan aspek estetika dan lingkungan.

“Kalau tidak segera dibuat grand design terkait penataan kawasan pantai Pangandaran, kita khawatir malah investor yang mengendalikan penataan kawasan pantai. Jika begitu, mereka bisa seenaknya membangun tempat usahanya tanpa memperhatikan aspek estetika dan aspek lingkungan,“ ujar Heryawan, saat berkunjung ke Pangandaran dalam rangka menghadiri acara Saresehan dan Pelantikan Pengurus PWI Ciamis, beberapa waktu lalu.

Menurut Heryawan, agar konsep penataan lebih objektif dan dapat dipertanggunjawabkan secara keilmuan, pihaknya akan menggandeng sejumlah perguraan tinggi di Jawa Barat dalam merumuskan konsep penataan tersebut. “Kita akan meminta bantuan dari akademisi ITB, Unpad dan Unigal dalam merumuskan konsep penataan ini, “ ujarnya.

Heryawan berharap, dengan adanya konsep penataan tersebut, ke depannya dapat mempercantik kawasan pantai dan akan berdampak terhadap peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran.

“Kita sangat berharap Pangandaran ke depan bisa sejajar dengan Bali. Karena potensi alam maupun wisata yang dimiliki oleh Pangandaran tidak kalah menariknya dengan Bali,” ungkapnya. (Mad/Red/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!