Di Ciamis! Baru Rampung Dibangun, Dam Parit Sudah Jebol

12/12/2013 0 Comments
Di Ciamis! Baru Rampung Dibangun, Dam Parit Sudah Jebol

Dam Parit di Cipaku jebol. Ironisnya, pengerjaan baru saja rampung. Diduga kuat hal itu disebabkan karena pengerjaan yang asal-asalan. Photo : Edji Darsono/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dam Parit yang berada di Blok Burujul, Dusun Lamping, Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, jebol. Diduga kuat, jebolnya Dam Parit tersebut karena saat pengerjaannya asal-asalan. Hal itu bisa dilihat dari pemasangan batu dan bagian pondasi.

Kades Bangbayang, Rudi Hendra, Selasa (10/12), di ruang kerjanya, mengatakan,  pembangunan Dam Parit tersebut dilaksanakan oleh pihak rekanan. Sumber keuangannya, dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun anggaran 2013, melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distan) Kabupaten Ciamis.

“Dengan  nilai Rp 232.685.000. jebolnya Dam bukan disebabkan karena guyuran hujan, yang terjadi pada hari Kamis lalu. Namun, pihak pelaksana mengerjakannya yang  asal-asalan,” ungkapnya.

Menurut Rudi, Pemerintah Desa sempat melayangkan komplain pada para pekerja, dan meminta agar pemasangan pondasi maupun bagian sayap Dam dilandaikan. Namun, para pekerja selalu berdalih mengacu pada gambar.

“Kami sangat kecewa. Terlebih baru saja rampung dari pengerjaan. Meski sedang di perbaiki kembali,” katanya.

Hal serupa dilontarkan Kaur Ekbang, Sobana. Dia mengaku setiap pulang kerja, dia pasti mengontrol pembangunan dam parit. Bahkan memberikan masukan, agar kedalaman di bagian pintu pembuangan tidak terlalu tinggi.

Alasannya, dengan ketinggian hampir 4 meter, tidak akan mampu menahan dan  menampung debit air. Apalagi memasuki musim hujan. Selain itu, di bagian bawah, tempat pembuangan air tidak mengunakan pengeras.

Terkait jebolnya dam, Sobana berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis, untuk tahun 2014  lebih selektif dalam menunjuk pihak pelaksana (rekanan). Karena dia menilai, pembangunan akan percuma, kalau baru saja rampung sudah ambruk lagi. (dji/koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!