Di Saat Jam Belajar, Dinding Bangunan TK di Kalipucang Ambruk

06/12/2013 0 Comments
Di Saat Jam Belajar, Dinding Bangunan TK di Kalipucang Ambruk

Kepala Sekolah TK Dewi Andasari, Ida Roswida, saat menunjukan dinding bangunan yang ambruk. Kejadian ambruknya dinding tersebut terjadi pada hari Senin (2/12). Foto: Entang Sholeh Wardiana/HR

Kalipucang, (harapanrakyat.com),-

Dinding bangunan kelas Taman Kanak- kanak (TK) Dewi Andasari, di Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, ambruk.  Ambruknya bangunan yang dibangun pada tahun 2007 ini terjadi pada saat jam belajar, sekitar pukul 08.30 WIB, Senin (2/12). Sontak saja, peristiwa tersebut sempat membuat panik dan sejumlah guru dan siswa berhamburan ke luar kelas.

Beruntung, ambruknya bangunan tersebut hanya pada bagian dinding dan tidak diikuti dengan ambruknya atap. Karena dinding yang ambruk hanya salah satu bagian, tepatnya dinding di sebelah kanan. Sehingga atap bangunan masih bisa tertahan oleh 3 dinding bangunan yang masih utuh.

Kepala Sekolah TK Dewi Andasari, Ida Roswida, saat ditemui HR, Rabu (4/12), mengatakan, ambruknya dinding bangunan ruang kelas terjadi secara tiba- tiba dan sempat membuat kepanikan. Pasalnya, pada saat kejadian, tengah berlangsung kegiatan belajar mengajar.

“Dinding bangunan ini ambruk dua kali. Pertama, ambruk hanya sebagian, namun 15 menit kemudian ambruk lagi. Tapi beruntung anak- anak yang berada di dalam kelas bisa langsung dievakuasi, sehingga tidak menimbulkan korban,” ujarnya.

Menurut Ida, bangunan ruang kelas lainnya pun kondisinya sudah memprihatinkan. Selain kondisi atapnya sudah bocor,  kayu- kayunya juga sudah lapuk dimakan rayap. Diperkirakan akibat peristiwa ini TK tersebut mengalami kerugian sekitar Rp. 15 juta.

Sementara itu, salah seorang orang tua siswa,  Rina mengaku kaget dengan kejadian tersebut. Pasalnya, anak semata wayangnya saat dinding bangunan kelas ambruk tengah mengikuti kegiatan belajar. “Pada saat kejadian banyak yang histeris dan kaget. Saat itu saya tengah menunggu anak sekolah, ” terangnya.

Kejadian ambruknya bangunan TK Dewi Andasari dibenarkan oleh Kasubag TU UPTD Disdikbudpora Kalipucang, Iar Ratmiati. Dia  mengatakan, kejadian tersebut sudah dilaporkan ke Disdikpora Pangandaran, baik secara lisan maupun dengan laporan secara tertulis.”Mudah-mudahan secepatnya ada bantuan untuk memperbaiki bangunan tersebut,” pungkasnya. (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!