Diksatrasia Unigal Ciamis Gelar Pekan Indonesia Kreasi

03/12/2013 0 Comments
Diksatrasia Unigal Ciamis Gelar Pekan Indonesia Kreasi

Dua orang dosen sedang menyaksikan penampilan mahasiswa, pada acara pekan indonesia kreasi, yang digagas Dikstrasia FKIP Unigal. Photo : Deni Supendi/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Lomba Pekan Kreatif Mahasiswa Program Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia (Diksastrasia), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Univeritas Galuh (Unigal) kelima, berhasil diselenggarakan pada Kamis-Sabtu (28-30/11), di Auditorium Unigal.

Acara itu mendapat antusiasme tinggi dari para mahasiwa. Tak tanggung-tanggung, 555 orang peserta mahasiswa dari tingkat I hingga IV, tumpah ruah di auditorium tersebut. Perhelatan tahunan yang mengetengahkan berbagai kegiatan, diantaranya seminar penelitian, seminar nasional, Diklat penulisan ilmiah, lomba fotografi jurnalistik, lomba kreatif poster, lomba musikalisasi puisi, lomba pengajar, festival drama, dan bazar kreatif.

“Dari tahun ke tahun animonya tinggi. Tak heran, tahun depan akan diselenggarakan secara terbuka,” ungkap Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Dra. Tety Gumiaty, ketika ditemui HR seusai acara.

Tety menuturkan, pihaknya akan mengundang elemen pendidikan lainnya di Kabupaten Ciamis untuk event tahun depan. “Seperti siswa SMA dan SMK juga akan kami undang,” ujarnya.

Menurut Tety,  perhelatan tersebut bisa dijadikan sebagai ajang peningkatan kompetensi dan kreativitas mahasiswa. Apresiasi bahasa dan sastra, diterjemahkan ke dalam suatu rangkaian acara, dan itu dilombakan.

Diakui Tety, ada batasan secara akademis terkait rangkaian acara yang digelar kali ini. Kreativitas mahasiswa lebih dikedepankan. Secara filosofis, bangsa yang besar adalah bangsa yang mengedepankan kreativitas karya anak bangsanya.

Ditemui terpisah, Rektor Unigal, Prof. Dr. Suherly, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Pekan Kreatif yang digelar Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia. “Kami akan mendorong terus setiap upaya kreasi mahasiswa dalam peningkatan kompetensi akademis. Kami juga akan selalu membuka ruang bagi mahasiswa, untuk belajar, baik itu in class, ataupun out class,” pungkasnya. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply