Fasiltas SMPN 3 Padaherang Pangandaran Minim, Jumlah Siswa Merosot

Fasiltas SMPN 3 Padaherang Pangandaran Minim, Jumlah Siswa Merosot

Photo : Ilustrasi Net/ Istimewa

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Padaherang, yang beralamat di Dusun Purwasari, Desa Paledah, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengalami penurunan jumlah siswa.

Pasalnya, hal itu terjadi lantaran sekolah yang berada diantara perbatasan wilayah Jawa Barat (Jabar) dan Jawa tengah (Jateng) ini masih minim fasilitas. Di tahun ajaran 2013-2014, jumlah siswa hanya mencapai angka 178 orang. Dua tahun sebelumnya, jumlah siswa mencapai 218 orang.

Kepala SMPN 3 Padaherang, M. Tarman, SIP, Senin (16/12), membenarkan hal itu. Menurut dia, pada tahun ajaran 2012-2013, jumlah siswa juga mengalami penurunan dari 218 siswa menjadi 187 orang siswa.

“Sepanjang 21 tahun ini, hanya perbaikan ringan saja yang dilakukan. Bangunan yang sudah rusak parah, yaitu Laboratorium IPA dan Kantor Kepala Sekolah, Guru dan TU. Dan sampai sekarang belum ada bantuan rehab,” ungkapnya.

Agus Gumilar, S.Sos, tenaga pengajar, mengatakan, kurangnya jumlah fasilitas dan Laboratorium IPA yang sudah tidak layak, menjadi kendala dalam proses kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah.

“Saya mengharapkan ada perbaikan ruang praktek (Lab IPA), agar siswa merasa nyaman ketika mengikuti pelajaran, dan mereka lebih bersemangat dalam belajar,” terang Agus.

Hal serupa juga disampaikan Anjar Sundawan, salah seorang Staf TU. Dia seringkali mendapati siswa yang kurang bersemangat kalau ada pelajaran praktek IPA. Penyebabnya, ruang praktek yang akan digunakan tidak layak.

“Saya sering mendengar siswa mengeluh soal ruangan Lab. Mereka terkadang jadi malas. Dan para siswa pasti bercerita kepada teman-temannya. Ini bisa jadi penyebab siswa setiap tahun ajaran baru terus berkurang,” ujarnya. (Mad/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles