Hadapi Lonjakan Pengunjung Akhir Tahun, Pemkab Pangandaran Siapkan Area Parkir

15/12/2013 0 Comments
Hadapi Lonjakan Pengunjung Akhir Tahun, Pemkab Pangandaran Siapkan Area Parkir

Photo : Logo Pemerintah Kabupaten Pangandaran

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Untuk menghadapi lonjakan jumlah pengunjung pada liburan pergantian tahun, Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, melakukan sejumlah persiapan dini. Salah satunya menyiapkan lahan untuk area parkir kendaraan pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata, Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Pangandaran, Suheryana, kepada HR, belum lama ini membenarkan hal itu.

Menurut dia, selain soal area atau kawasan parkir, pihaknya juga akan memberikan perhtian khusus terkait penanganan soal kebersihan. “Kita telah lakukan rapat koordinasi dengan DMO Pariwisata Kabupaten Pangandaran, sejumlah pihak terkait seperti TNI, Polri, dan instansi lainnya guna membahas kesiapan menjelang malam tahun baru,” ungkapnya, belum lama ini.

Suheryana menuturkan, merujuk pada pengalaman pergantian tahun baru sebelumnya, lonjakan pengunjung tidak terbendung. Kondisi demikian menyebabkan kemacetan di pintu masuk ke objek wisata Pantai Pangandaran. Lalu lintas di sekitar pantai pun menjadi padat.

Soal lalu lintas, kata Suheryana, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menyusun rekayasa lalu lintas. “Pangandaran itu rawan terjadi kemacetan. Mengantisipasi itu, polisi akan melakukan rekaya lalu lintas. Sedangkan untuk di Batu Karas, jika terjadi kemacetan maka dapat diarahkan ke Sanghiang Kalang,” ujarnya.

Soal kawasan parkir, imbuh Suheryana, itupun sudah dikoordinasikan. Nantinya, kendaraan mulai dari pribadi, travel, bus dan truk dapat parkir di tempat yang telah ditentukan. Diantaranya seperti di Lapangan Katapang Doyong, Pasar Wisata, Boulevard, Badito Ratu, dan Pamugaran. (red/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!