Kapal Banprov Buat Nelayan Pangandaran Belum Dioperasikan

25/12/2013 0 Comments
Kapal Banprov Buat Nelayan Pangandaran Belum Dioperasikan

Kapal nelayan bantuan dari Pemrov Jabar, masih belum dioperasikan. Photo : Entang SR/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak tiga buah unit kapal berukuran besar, kini hadir di Pangandaran Jawa Barat. Ketiga kapal tersebut merupakan kapal untuk tangkapan ikan para nelayan. Kapal yang kini berada di pesisir pantai, dua diantaranya di Pangandaran dan satu di Cijulang,  merupakan bantuan dari Pemerintah Privinsi Jawa Barat.

Kapal ukuran besar itu memiliki lebar 6 meter dan panjang 19 meter, dibuat di Pekalongan Jawa Tenggah. Kalap ini juga dilengkapi peralatan cangih, seperti GPS dan radio kontrol. Selain itu kapal untuk menangkap ikan ini berspec 4.8.

Menurut Ketua Kelompok Inkamina, Desa Cijulang, Ade Rukanda, mengatakan, bahwa kapal nelayan bantuan provinsi ini mampu menampung ikan sebanyak 10 ton, dengan awak sebanyak 10 orang (abk). Kapal ini juga bermesin 35 gt.

Ade Rukanda menjelaskan, bahwa ketahanan kapal besar di laut, tergantung kondisi serta faktor cuaca dan perbekalan. Jika cukup, mungkin para awak kapal akan lebih lama di laut. “Akan tetapi, meskipun kapal besar dan perbekalan cukup, namun cuaca tidak memungkinkan, kapal ini pasti merapat kembali ke bibir pantai untuk istirahat sementara waktu,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk pengoprasiannya, kapal ini menunggu selesai pemasangan aksesoris peralatan yang akan dipasangkan oleh tim ahli tehnik, yang sengaja didatangkan dari pekalongan. (Ntang/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply