Karena Kearifan Lokalnya, Kampung Kuta Ciamis Juarai Proklim Tingkat Nasional

14/12/2013 0 Comments
Karena Kearifan Lokalnya, Kampung Kuta Ciamis Juarai Proklim Tingkat Nasional

Menteri Lingkungan Hidup RI, Bert Kambuaya, menyerahkan penghargaan Juara Proklim Tingkat Nasional, kepada Kabupaten Ciamis, yang diwakili oleh Kepala BPLH Ciamis, Unang Danuwarso, pekan lalu, di Hotel Bidakara, Jakarta. Photo : Istimewa untuk HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Masyarakat Kabupaten Ciamis kini boleh berbangga hati, karena Kampung Adat Kampung Kuta, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pekan lalu dianugrahi juara pertama, pada pemilihan Kabupaten Kota Proklim (Program Kampung Iklim) Tingkat Nasional di Jakarta.

Kabupaten Ciamis berhasil menyisihkan ratusan kota dan kabupaten se-Indonesia, pada ajang tersebut. Dengan Dewan Juri dari Tim Kementrian Lingkungan Hidup, Akademisi, Pakar Lingkungan Prof. Dr. Emil Salim, juga melibatkan LAPAN (Lembaga Antariksa Nasional) dalam proses penyeleksiannya.

“Ini kemenangan masyarakat Ciamis, Karena kampung kuta mempunyai tata nilai atau kearifan lokal budaya yang pro terhadap pencegahan pemanasan global,” ungkap Kepala BPLH Ciamis, Unang Danuwarso, SIP,  didampingi Kabid KSDA, Yayat Hidayat, belum lama ini kepada HR.

Unang berharap, penghargaan tersebut makin memberikan motivasi bagi masyarakat Ciamis untuk melestarikan nilai budaya dan lingkungan. “Selain penghargaan Proklim, pada saat bersamaan juga Ciamis memperoleh penghargaan Raksaniyata. Yakni penghargaan untuk Kota atau Kabupaten yang berhasil mempertahankan kelestarian lingkungannya,” papar Unang.

Penghargaan tingkat nasional yang diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Mentri Lingkungan Hidup, Bert Kambuaya tersebut, imbuh Unang, menandakan kondisi kelestarian lingkungan Ciamis terjaga, dibandingkan kota atau kabupaten lainnya.

“Citra Satelit dari LAPAN juga dijadikan acuan penilaian untuk melihat secara langsung kondisi hutan dan lingkungan Ciamis,” timpal Yayat menambahkan.

Dihubungi terpisah, Staf KSDA, BPLH Ciamis,  Mudji, mengaku, sudah mempresentasikan Proklim dan Ciamis Hijau di Jakarta. Dia menuturkan, pemerintah pusat sangat merespon kondisi Sumber Daya Alam (SDA) Ciamis.

“Mulai dari kelestarian hutan, Gunung Syawal, sungai, perkebunannya hingga situs-situs budaya. Jadi ini hasil sinergitas antar pemerintah, komunitas lingkungan dan masyarakat. Ciamis juga dinilai berhasil menjaga kelestarian ekosistemnya,” pungkasnya. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!